Sejarah Negara

Website History

Menu

7 istilah kepahlawanan

November 17, 2013 | Catatan

7 istilah kepahlawanan – Selama pergerakan nasional yang dimulai sejak masuknya penjajah asing di Indonesia, lahirlah pahlawan-pahlawan dalam berbagai bentuk perjuangan. Oleh karena itu kita perlu mengenal beberapa istilah sebagai berikut :

1. Pahlawan nasional, yaitu pribadi pada masa hidupnya, karena terdorong oleh rasa cinta tanah air, sangat berjasa dalam memimpin suatu kegiatan yang teratur guna menentang penjajahan di Indonesia melawan musuh dai luar negeri ataupun berjasa baik dalam lapangan politik, ketatanegaraan, sosial ekonomi, kebudayaan, maupun dalam lapangan ilmu pengetahuan yang erat hubungannya dengan perjuangan kemerdekaan dan perkembangan Indonesia.

2. Pahlawan Kemerdekaan nasional, yakni pribadi yang dengan tindakan nyata sangat berjasa kepada nusa dan bangsa Indonesia dalam rangka mencapai kemerdekaan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, dalam kurun waktu sesudah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

3. Pahlawan Pergerakan Nasional, adalah pribadi yang bertindak secara nyara dengan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik menentang penjajahan dan sangat berjasa kepada tanah air dan rakyat Indonesia untuk mencapai persatuan dan kemerdekaan nasional dalam kurun waktu antara tahun 1900 – 1945.

4. Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan, ialah pribadi yang melakukan perjuangan bersenjata melawan penjajah demi kepentingan rakyat dan didukung oleh rakyat dalam kurun waktu sebelum tahun 1900.

5. Patriot adalah pecinta tanah air, pembela tanah air, pahlawan perjuangan bangsa.

6. Patriotik, artinya mencintai tanah air, diilhami cinta tanah air.

7. Perintis Kemerdekaan, yaitu orang yang mempelopori perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam kurun waktu pergerakan nasional dari tahun 1908 sampai dengan tahun 1945.

Related For 7 istilah kepahlawanan

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori