Sejarah Negara

Website History

Menu

9 bait terakhir ramalan Jayabaya

Juli 8, 2014 | Catatan

9 bait terakhir ramalan Jayabaya – Dalam bait-bait terakhir ramalan Jayabaya digambarkan suasana negara yang kacau penuh carut marut, serta terjadi kerusakan moral yang luar biasa. Namun, dari fenomena tersebut kemudian muncul seseorang yang arif dan bijaksana yang mampu mengatasi keadaan.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan Kutipan 22 bait Serat Kalatidha Ranggawarsito yang mengulas tentang Satrio Piningit. Berikut adalah cuplikan bait-bait terakhir ramalan Jayabaya yang menggambarkan ciri-ciri atau karakter seorang Satrio Piningit tersebut :

1. Selet-selete yen mbesuk ngancik tutuping tahun

Sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu

Bakal ana dewa ngejawantah

Apengawak manungsa

Apasurya padha Bethara Kresna

Awatak Baladewa

Agegaman trisula wedha

Jinejer wolak-waliking zaman

Artinya : Selambat-lambatnya kelak menjelang tutup tahun, akan ada dewa tampil, berbadan manusia, berparas seperti Bathara Kresna, berwatak Baladewa, bersenjata Trisula wedha, tanda datangnya perubahan zaman.

9 bait terakhir Ramalan Jayabaya

2. Iku tandane Bethara Indra wus katon

Tumeka ing arcapada ambebantu wong Jawa

Artinya : Itulah tanda putra Batara Indra sudah tampak, datang di bumi untuk membantu orang Jawa

3. Bala prewangan makhluk halus padha baris

Pada rebut benere garis

Tan kasat mata, tan arupa

Sing mandhegani putrane Bethara Indra

Agegaman trisula wedha

Momongane padha dadi nayaka perang-perange tanpa bala

Sakti mandraguna tanpa aji-aji

Artinya : Pasukan makhluk halus sama-sama berbaris, berebut garis yang benar, tak kelihatan, tak berbentuk, yang memimpin adalah putra Batara Indra, bersenjatakan trisula wedha, para asuhannya menjadi perwira perang, jika berperang tanpa pasukan, sakti mandraguna tanpa azimat.

4. Apeparap pangeraning prang

Tan pakra anggoning nyandhang

Ning iya bisa nyembadani ruwet rentenging wong sak pirang-pirang

Artinya : Bergelar pangeran perang, kelihatan berpakaian kurang pantas, namun dapat mengatasi keruwetan banyak orang.

5. Idune idu geni

Sabdane malati

Sing mbregudul mesti mati

Ora tuwa enom padha dene bayi

Wong ora ndayani nyuwun apa bae mesthi sembada

Garis sabda ora gantalan dina

Beja-bejane sing yakin lan tuhu setya sabdanira

Tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa

Naging inung pilih-pilih sapa

Artinya : Ludahnya api, sabdanya sakti (terbukti), yang membantah pasti mati, orang tua, muda seperti bayi, orang yang tak berdaya minta apa saja pasti terpenuhi, garis sabdannya tidak akan lama, beruntunglah bagi yang yakin dan percaya serta mentaati sabdanya, tidak mau dihormati orang setanah Jawa, tetapi hanya memilih beberapa saja.

6. Waskitha pindhang dewa

Bisa nyumurupi lahire mbahira, buyutira, canggahira

Pindha lahir bareng sadina

Ora bisa diapusi marga bisa maca ati

Wasis, wegig, waskitha

Ngerti sakdurunge winarah

Bisa pirsa mbah-mbahira

Angawuningani jantraning zaman Jawa

Ngerti garise siji-sijining umat

Tan kewran sasuruping zaman

Artinya : Pandai meramal seperti dewa, dapat mengetahui lahirnya kakek, buyut, dan canggah anda, seolah-olah lahir diwaktu yang sama, tidak bisa ditipu karena dapat membaca isi hati, bijak, cermat, dan sakti, mengerti sebelum sesuatu terjadi, mengetahui leluhur anda, memahami putaran roda zaman Jawa, mengerti garis hidup setiap umat, tidak khawatir tertelan zaman.

7. Ing ngarsa Begawan

Dudu pandhita sinebut pandhita

Dudu dewa sinebut dewa

Kaya dene manungsa

Artinya : Di hadapan Begawan, bukan pendeta disebut pendeta, bukan dewa disebut dewa, namun manusia biasa.

8. Iki dalam kanggo sing eling lan waspada

Ing zaman kalabendu Jawa

Aja nglarang dalem ngleluri wong apengawak dewa

Cures ludhes saka braja jelma kumara

Aja-aja kleru pandhita samusana

Larinen pandhita asenjata trisula wedha

Iku hiya paringaning dewa

Artinya : Inilah jalan bagi yang ingat dan waspada, pada zaman kalabendu Jawa, jangan melarang dalam menghormati orang berupa dewa, yang menghalangi akan sirna seluruh keluarga, jangan keliru mencari dewa, carilah dewa bersenjata trisula wedha, itulah pemberian dewa.

9. Ngluruk tanpa bala

Yen menang tan ngasorake liyan

Para kawula padha suka-suka

Marga adiling pangeran wus teka

Ratune nyembah kawula

Angagem trisula wedha

Para pandhita hiya padha muja

Hiya iku momongane kaki sabdopalon

Sing wis adu wirang nanging kondhang

Genaha kacetha kanthi njingglang

Nora ana wong ngresula kurang

Hiya iku tandhane kalabendu wus minger

Centhi wektu jejering kalamukti

Andayani indering jagad raya

Padha asung bhekti

Artinya : Menyerang tanpa pasukan, bila menang tak menghina yang lain, rakyat bersuka ria, karena keadilan Yang Kuasa telah tiba, raja menyembah rakytat, bersenjatakan trisula wedha, para pendeta juga pada memuja, itulah asuhannya sabdopalon, yang sudah menanggung malu tetapi termashyur, segalanya tampak terang benderang, tak ada yang mengeluh kekurangan, itulah tanda zaman Kalabendu telah usai, berganti zaman penuh kemuliaan, memperkokoh tatanan jagad raya, semuanya menaruh rasa hormat yang tinggi.

Sampai di sini kita mulai memahami siapa yang dikatakan oleh Prabu Jayabaya dengan istilah “Putra Bathara Indra” itu. Bait-bait tersebut telah mengurai secara rinci tentang ciri-ciri dan karakter orang tersebut. Putra Bathara Indra tidak lain adalah waliyullah (aulia) yang perlambang paras Kresna dan watak Baladewa bermakna satria pinandita.

Karena hakikat dua bersaudara Kresna dan Baladewa melambangkan kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, di mana Kresna melambangkan pencipta dan Baladewa melambangkan potensi kreativitasnya.

Baca juga : Ciri satrio piningit

Dua bersaudara Kresna dan Baladewa menghabiskan masa kanak-kanak sebagai penggembala sapi. Dengan hakikat ini setidaknya kita dapat meraba bahwa putra Bathara Indra juga merupakan budak angon (anak gembala) yang telah dikatakan oleh Prabu Siliwangi di dalam Wangsit Siliwangi.

Related For 9 bait terakhir ramalan Jayabaya