Sejarah Negara

Website History

Menu

Aktivitas penduduk Prancis

Januari 22, 2014 | Geografi, Negara

Aktivitas penduduk Prancis – Sebelumnya saya telah membahas tentang negara Prancis secara sekilas, untuk kali ini saya akan membahas tentang aktivitas penduduknya secara lebih gamblang. Di Prancis, pertanian merupakan bentuk kegiatan penduduk yang penting. Daerah utara yang merupakan dataran rendah dan berbukit rendah, pertanian dilaksanakan secara intensif dengan menggunakan mesin (mekanis) pula.

Hasilnya yang utama ialah gandum, bit gula dan sayur-sayuran. Daerah barat laut merupakan tempat penghasil susu dan hasil olahan susu. Di bagian timur daerah utara inilah dihasilkan hasil pertanian yang kenamaan dari negara ini, yaitu anggur. Daerahnya bernama Champagne dan Bourgondia.

Daerah selatan yang beriklim laut Tengah terutama di dataran rendah diusahkan pertanian anggur, buah-buahan dan sayuran. Sedangkan di daerah pegunungannya (dataran tinggi sentral, Alpina dan Pirenea) merupakan daerah peternakan sapi.

Aktivitas penduduk di bidang pertanian dan di daerah yang tersebar luas membuat Prancis berbeda dengan negara Eropa pada umumnya dalam hal urbanisasi. Arus urbanisasi di sana relatif kecil. Hanya sedikit kota besar di negara ini. Tiga yang besar, yaitu Paris, Marseilles dan Lyon. Yang agak kecil ialah Tulouse dan Bordeaux.

Industri Perancis didukung oleh bahan baku hasil pertanian dan barang tambang. Daerah Saar dan Lorraine merupakan ladang bijih besi, sekalipun kualitasnya rendah, karena kadar besinya hanya sekitar 30% dan mengandung fosfor.

Lorraine tumbuh sebagai daerah industri besi baja dan industri kimia, karena di daerah itu ditambang juga garam dan di dekatnya, yaitu di Alsece ditambang garam dan potas.

Kecuali daerah Lorraine-Saar yang merupakan pusat industri juga ialah kota Paris dengan berbagai pabrik. Di sinilah mobil buatan Prancis yang terkenal di dunia diproduksi. Daerah industri tekstil ialah Lilie yang menghasilkan wol, linen dan katun. Sutera dan rayon dihasilkan dari Lyon.

Karena dua laut mengapit negara ini, Prancis merupakan negara penghubung kedua laut itu. Dengan demikian transportasi darat menjadi penting. Jalan kereta api dan jalan raya tidak hanya antar kota di dalam negeri, melainkan juga antar negara.

Perhubungan air dilakukan melalui pelabuhan Marseille di Laut Tengah dan Paris. Lehavre dan Bordeux di Laut Atlantik untuk perhubungan internasional. Karena Perancis bermuka dua, pelabuhan angkatan lautnya juga ada 2, yaitu Cherbourg dan Toulon. Untuk perhubungan di pedalaman, sungai-sungai dan terusan-terusan memegang peranan penting.

Related For Aktivitas penduduk Prancis