Sejarah Negara

Website History

Menu

Angkatan laut Islam pertama di dunia

November 10, 2014 | Islam

Angkatan laut Islam pertama di dunia – Pada masa pemerintahan Usman bin Affan, kaum Muslimin melanjutkan penaklukan ke sejumlah wilayah lain. Penaklukkan dilakukan baik melalui jalur darat maupun laut.

Ancaman terbesar datang dari Bizantium. Mereka sering menyerang daerah perbatasan pantai Muslim di Suriah dan Mesir. Pada tahun 646 M, pasukan Bizantium berhasil menduduki Iskandariyah.

Namun, Amr bin Ash yang saat itu menjabat sebagai gubernur Mesir berhasil mengusir mereka. Pada tahun 651 M, pasukan Bizantium menyerang Mesir. Abdullah bin Abi Sarah yang menggantikan Amr bin Ash berhasil mengalahkannya.

Dari sinilah akhirnya khalifah Usman bin Affan menyadari perlunya dibentuk angkatan laut yang kuat. Usman bin Affan memerintahkan Muawiyah bin Abi Sufyan untuk membentuk angkatan laut. Inilah angkatan laut pertama dalam Islam yang dibentuk pada masa pemerintahan Usman bin Affan.

Angkatan laut Islam pertama di dunia

Dengan adanya angkatan laut ini, kaum Muslimin berhasil memperluas wilayahnya. Beberapa panglima perang yang terlibat dalam perluasan wilayah Islam ini adalah : Abdullah bin Abi Sarah, Muawiyah bin Abi Sufyan, Umair bin Usman, Abdullah al Laisi, Abdullah At Tamimi, Abdullah bin Amir, dan Said Ibnu Ash.

Related For Angkatan laut Islam pertama di dunia