Sejarah Negara

Website History

Menu

Berbagai bentuk kenampakan buatan manusia di Indonesia

Februari 24, 2015 | Geografi

Berbagai bentuk kenampakan buatan manusia di Indonesia – Kenampakan buatan adalah kenampakan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu. Beberapa kenampakan buatan yang ada di Indonesia antara lain waduk, pelabuhan, perkebunan, jalan, dan kawasan industri. Mari kita sedikit ulas satu-persatu.

1. Waduk

Waduk adalah kolam besar tempat menyimpan air untuk berbagai kebutuhan. Waduk digunakan untuk mengatur pengeluaran air pada saat musim kemarau dan musim penghujan. Sebagai contoh Waduk Gajahmungkur yang ada di Wonogiri, Jawa Tengah, Waduk Asahan di Sumatra Utara, Waduk Saguling di Jawa Barat, dan Waduk Sadang di Sulawesi.

Waduk Gajahmungkur Wonogiri

Waduk Gajahmungkur Wonogiri

Pelabuhan terdiri atas pelabuhan laut dan udara. Pelabuhan laut adalah tempat berlabuhnya kapal-kapal laut. Contoh : pelabuhan laut Merak (Banten), pelabuhan Bakauheni di lampung, pelabuhan Gilimanuk di Bali, dan Batam kep. Riau.

2. Pelabuhan

Sedangkan pelabuhan udara adalah tempat di daratan yang digunakan untuk penempatan, pendaratan, dan pemberangkatan pesawat terbang. Contohnya : pelabuhan udara Polonia di Medan, pelabuhan udara Hasanuddin di Sulawesi Selatan, dan pelabuhan udara Sentani di Papua.

3. Perkebunan

Perkebunan merupakan tanah yang cukup luas yang ditanami jenis tumbuhan yang menguntungkan manusia. Perkebunan biasanya hanya ditanami satu jenis tumbuhan. Contoh perkebunan kopi, karet, kelapa sawit, teh, dan coklat.

4. Jalan

1. Jalan merupakan tanah umum yang digunakan untuk transportasi kendaraan. Jalan dibangun oleh manusia untuk memperlancar perhubungan darat. Berbagai jenis jalan di Indonesia antara lain ; jalan kampung, jalan kabupaten/kota, jalan provinsi, dan jalan negara. Jalan yang dibangun di kota-kota besar di antaranya jalan lingkar, jalan layang, dan jalan tol.

Jalan-jalan tersebut dibangun untuk mengatasi kepadatan lalu-lintas di kota dan mengurangi kemacetan seperti yang terjadi di Jakarta saat ini. Jika lalu lintas lancar tentunya dalam melakukan perjalanan akan hemat waktu dan biaya, sehingga perputaran ekonomi pun semakin lancar.

5. Kawasan industri

Kawasan industri dibangun untuk kegiatan di bidang industri. Kawasan industri merupakan tempat yang dikhususkan untuk memproduksi barang. Biasanya terdiri atas satu macam pabrik atau lebih. Letak kawasan industri pada umumnya berada di luar kota atau di pinggir kota, jauh dari pemukiman.

Lihat juga :

Pembangunan kawasan industri harus memperhatikan kelestarian lingkungan agar tidak mengganggu kehidupan penduduk di sekitarnya. Contoh kawasan industri : Kawasan Industri Pulogadung di Jakarta, Kawasan Industri Wijaya di Semarang, dan Kawasan Industri Jababeka di Bekasi dan Kawasan industri di Gresik, Jawa Timur.

Related For Berbagai bentuk kenampakan buatan manusia di Indonesia