Sejarah Negara

Website History

Menu

Biografi singkat George Joseph Stigler

Oktober 27, 2014 | Biografi

Biografi singkat George Joseph Stigler – George Joseph Stigler adalah seorang ekonom Amerika yang berhasil mendapatkan penghargaan Nobel di bidang ilmu ekonomi pada tahun 1982. Ia dilahirkan di Seattle, Wahington, pada tanggal 17 Januari 1911. Ia adalah sosok ekonom yang sukses dalam karier akademiknya. Gekar Ph.D. diperolehnya melalui beasiswa di University of Chicago. Di sinilah pemikirannya banyak dipengaruhi oleh Frank Knight selaku pembimbing disertasinya.

Stigler termasuk orang yang beruntung. Berkat kecerdasannya, ia berhasil melewati bimbingan Knight. Sebuah sumber menyebutkan bahwa selama 28 tahun masa pengabdian Knight di Chicago, hanya 3 dari empat mahasiswa yang mampu menyelesaikan disertasi di bawah bimbingannya.

Biografi singkat George Joseph Stigler

George Joseph Stigler

Stigler menamatkan pendidikan sarjananya di University of Washington pada tahun 1931. Gelar master ia dapat dari North-western University pada tahun 1932. Ia mulai mengajar di lowa State College pada tahun 1936.

Selain itu, ia mengadakan penelitian pada bidang matematika dan statistik untuk Manhattan Project. Ia juga pernah mengajar di Broen University dn mengabdi pada Columbia Faculty.

George Joseph Stigler adalah ekonom yang berhasil mengembangkan Teori Regulasi Ekonomi, yang dikenal dengan sebutan capture.

Teori Regulasi Ekonomi tersebut menyebutkan bahwa kelompok yang berkepentingan dan peserta politik akan menggunakan kekuatan peraturan serta memaksa pemerintah untuk membuat peraturan-peraturan yang bermanfaat bagi kepentingan dan golongan mereka. Teori ini salah satu komponen dari ilmu ekonomi.

Pemikiran Stigler tersebut termuat dalam sebuah artikel berjudul “The Economics of Information“. Artikel tersebut menyatakan ; “Semua orang harus mengatakan informasi ini kepada para ilmuwan lainnya : Pengetahuan adalah kekuatan. Tetapi, hal tersebut menempati tempat yang tidak semestinya di kota yang bernama ekonomi.”

Pada tahun 1962, Stigler kembali menulis artikel yang berjudul “Information in the Labor Market”. Artikel ini mengembangkan teori Pencarian Pengangguran.

Itulah siapa George Joseph Stigler yang dijelaskan secara singkat, semoga menambah catatan sejarah baru tokoh ilmuwan di dunia.

Selanjutnya baca Pemikiran ekonomi Stigler

Related For Biografi singkat George Joseph Stigler