Sejarah Negara

Website History

Menu

Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat

Mei 4, 2014 | Nasional

Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat – Apabila pelaksanaan sosialisasi politik dapat dilaksanakan dengan baik melalui berbagai sarana yang ada, maka masyarakat dalam kehidupan politik kenegaraan sebagai satu sistem akan lahir dan berkembang budaya politik dalam masyarakat secara proporsional, jujur dan adil, serta bertanggung jawab.

Ini berarti tanggung jawab masyarakat sesuai dengan hak dan kewajibannya, yaitu bagaimana dirinya mampu berperan dan berpartisipasi dalam kehidupan politik kenegaraan atas dasar kesadaran politik yang baik dan tinggi.

Tolok ukur keberhasilan sosialisasi politik terletak pada sejauh mana pendidikan politik yang telah dilakukan (melalui berbagai sarana) sehingga menghasilkan masyarakat yang mempunyai kesadaran dan budaya politik “etis” dan “normatif” dalam wujud partisipasi politiknya.

Melalui pendidikan politik, kader-kader anggota partai politik tersebut diharapkan akan memperoleh manfaat atau kegunaan seperti berikut :

  1. Memperluas pemahaman, penghayatan dan wawasan terhadap masalah-masalah atau isu-isu yang bersifat politis.
  2. Mampu meningkatkan kualitas diri dalam berpolitik dan berbudaya politik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Lebih meningkatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan.

Agar pendidikan politik dapat berjalan dengan baik, maka salah satu kuncinya adalah dengan menanamkan disiplin yang benar kepada anak, dengan pemupukan disiplin pribadi yang dinamis dan pemberian keteladanan, diharapkan dapat menumbuhkan disiplin sosial dan disiplin nasional yang positif dan kuat.

Related For Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat