Sejarah Negara

Website History

Menu

Bung Hatta dan Bung Karno sang Dwitunggal

Februari 26, 2015 | Nasional

Bung Hatta dan Bung Karno sang Dwitunggal – Setelah secara sekilas kita telah kita ketahui biografi Soekarno (baca artikel : Ir Soekarno sang proklamator sejati), kini giliran biografi singkat Moh. Hatta pendamping sang proklamator. Drs. Moh Hatta dan Ir. Soekarno disebut Dwitunggal Indonesia. Drs. Moh Hatta adalah tokoh proklamator Indonesia bersama Ir. Soekarno.

Panggilan akrab Moh. Hatta adalah Bung Hatta. Bung Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Sumatra Barat. Sebagai mahasiswa di Belanda, ia sering mengadakan pertemuan dengan para pemuda Indonesia yang belajar di sana. Mereka tergabung dalam sebuah organisasi yang disebut “Perhimpunan Mahasiswa”.

Mereka terdiri atas Moh. Hatta, Nazir Datuk Pamuncak, Ali Sastroamijoyo, dan Abdul Majid. Perhimpinan Mahasiswa kemudian berganti nama menjadi “Perhimpunan Indonesia”. Drs. Moh. Hatta menjabat sebagai ketua redaksi majalah “Indonesia Merdeka, yang dikeluarkan oleh Perhimpunan Indonesia.

Pada tahun 1932, Drs. Moh. Hatta kembali ke Indonesia dan bergabung dengan PNI-Baru yang dipimpin oleh Mr. Sartono. Bung Hatta kemudian ditangkap dan diasingkan ke Boven Digul, Papua. Kemudian dipindahkan ke Banda Neira, Pulau Banda.

Pada tahun 1942, Drs. Moh. Hatta kembali ke Jawa. Bersama dengan Ir. Soekarno, beliau mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ketika Ir. Soekarno menjabat presiden, beliau menjabat sebagai wakilnya. Pada tahun 1956, Moh. Hatta mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden.

Drs. Moh Hatta juga menjadi pelopor usaha bersama di bidang koperasi. Karena jasanya tersebut, beliau diberi julukan “Bapak Koperasi Indonesia”. Pada tanggal 14 Maret 1980, Bung Hatta meninggal dunia dan dimakamkan di Jakarta. Bagaimana Hatta mendirikan koperasi? Silahkan baca selengkapnya di artikel : Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Bung Karno dan Bung Hatta sering diibaratkan sebagai Dwitunggal. Sejak awal mereka berjuang bersama. Mereka memproklamasikan kemerdekaan bersama, yang akhirnya mengantar mereka menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama setelah sekian ratus tahun negeri ini terjajah bangsa Barat.

Bagi anda generasi muda saat ini mungkin belum begitu kenal sosok Bung Hatta yang hingga saat ini namanya masih melekat di hati rakyatnya. Untuk itu agar anda lebih mengenal mengenalnya, kami sertakan gambar atau foto Bung Hatta dalam berbagai pose.

Bung Hatta dan Bung Karno sang Dwitunggal

Itulah sosok Bung Hatta bersama Bung Karno Sang Proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia. Semoga menambah semangat juang para kawula muda untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik.

Lihat juga sosok presiden Indonesia lainnya di artikel sejarah : Gambar presiden dan wakil presiden Indonesia.

Bagaimana setelah anda mengenal berbagai tokoh yang pernah menempati orang pertama di negeri ini?

Related For Bung Hatta dan Bung Karno sang Dwitunggal