Sejarah Negara

Website History

Menu

Catatan sekilas sejarah perjuangan Bung Tomo

Februari 28, 2015 | Nasional

Catatan sekilas sejarah perjuangan Bung Tomo – Perjuangan Bung Tomo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara lain sebagai berikut :

1. Bung Tomo menjabat sebagai wakil pemimpin redaksi kantor berita Domei, yaitu kantor berita pada masa pendudukan Jepang di Surabaya, pada tahun 1942 sampai 1945. Kantor berita Domei yang tersebut aktif menyebarluaskan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

2. Bung Tomo menjabat sebagai ketua umum Barisan Pemberontakan Rakyat Indonesia (BPRI). Melalui BPRI beliau selalu mengobarkan semangat perjuangan rakyat Indonesia.

3. Bung Tomo merupakan anggota Dewan Penasihat Panglima Besar Jenderal Soedirman

4. Bung Tomo diangkat oleh Presiden Soekarno menjadi salah seorang pemimpin TNI yang bertugas mengoordinasi Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara di bidang informasi dan perlengkapan perang.

5. Bung Tomo bersama Laksamana Nazir mempersiapkan wilayah di Gunung Lawu menjadi pusat komando tertinggi bila di Indonesia dalam situasi perang.

6. Pada bulan Oktober 1945, Bung Tomo bersama Presiden Soekarno membahas cara penyerahan senjata oleh Jepang kepada Indonesia. Pada waktu itu saran-sarang Bung Tomo diterima oleh Presiden Soekarno.

7. Pada peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, Bung Tomo mendapat berita bahwa tentara Sekutu mulai menembak dan bergerak di luar daerah pelabuhan. Bung Tomo atas nama rakyat Indonesia menyatakan perang terhadap Sekutu. Bung Tomo meninggal dunia ketika menunaikan ibadah haji ke tanah Arab pada tanggal 7 Oktober 1981.

Catatan sekilas sejarah perjuangan Bung Tomo

Itulah sekilas ringkasan perjuangan Bung Tomo, semoga menjadikan catatan sejarah untuk Indonesia.

Related For Catatan sekilas sejarah perjuangan Bung Tomo