Sejarah Negara

Website History

Menu

Ciri dan syarat menuju masyarakat Madani

Mei 12, 2014 | Nasional

Ciri dan syarat menuju masyarakat Madani – Dari beberapa pengertian masyarakat madani pada artikel (Tentang masyarakat madani), dapat disimpulkan bahwa good governance bersenyawa dengan sistem administrasi negara. Upaya untuk mewujudkan pemerintahan yang baik menuju masyarakat madani merupakan upaya melakukan penyempurnaan sistem administrasi negara yang berlaku pada suatu negara secara menyeluruh.

Dalam kaitan ini Bagir Manan menyatakan bahwa : “sangat wajar apabila tuntutan penyelenggaraan pemerintahan yang baik terutama ditujukan pada pembaruan administrasi negara dan pembaruan penegakan hukum”.

Hal itu dikemukakan karena dalam hubungan dengan pelayanan dan perlindungan rakyat ada dua cabang pemerintahan yang berhubungan langsung dengan rakyat, yaitu administrasi negara dan penegak hukum. Dari sisi pemerintah (government), good governance dapat dilihat melalui aspek-aspek sebagai berikut :

  1. Hukum/kebijakan, merupakan aspek yang ditujukan pada perlindungan kebebasan.
  2. Kompetensi dan transparansi pemerintahan, yaitu kemampuan membuat perencanaan dan melakukan implementasi secara efisien kemampuan melakukan melakukan penyederhanaan organisasi, penciptaan disiplin dan model administratif, keterbukaan informasi.
  3. Desentralisasi, yaitu desentralisasi yang regional dan dekonsentrasi di dalam departemen.
  4. Penciptaan pasar yang kompetitif, yaitu penyempurnaan mekanisme pasar, peningkatan peran pengusaha kecil dan segmen lain dalam sektor swasta, deregulasi, dan kemampuan pemerintahan melakukan kontrol terhadap makro ekonomi.

Bentuk masyarakat madani dapat kita perhatikan pada kelompok-kelompok kecil dalam masyarakat. Organisasi-organisasi, seperti organisasi kepemudaan, organisasi perempuan, atau organisasi profesi, dan organisasi lainnya yang bersifat positif memberi manfaat kepada masyarakat kelompoknya ataupun masyarakat secara luas adalah bentuk nyata masyarakat madani.

Di Indonesia, organisasi-organisasi semacam itu sering disebut dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) atau organisasi lainnya seperti lembaga swadaya masyarakat (LSM). Organisasi-organisasi tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Mandiri dalam hal pendanaan (tidak bergantung kepada negara atau pemerintah).
  2. Swadaya dalam kegiatannya dengan memanfaatkan berbagai sumber daya di lingkungannya.
  3. Bersifat memberdayakan masyarakat dan bergerak di bidang sosial.
  4. Tidak terlibat dalam persaingan politik untuk merebut/meraih kekuasaan.
  5. Bersifat inklusif (melengkapi beragam kelompok), dan menghargai keberagaman.

Syarat menuju masyarakat madani setelah tumbuh dan berkembangnya demokratisasi dapat dilihat sebagai berikut :

1. Kualitas sumber daya manusia yang tinggi tercermin antara lain dari kemampuan lembaga-lembaga profesionalnya untuk memenuhi kebutuhan pembangunan serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Memiliki kemampuan memenuhi kebutuhan pokok sendiri (mampu mengatasi ketergantungan) agar tidak menimbulkan kerawanan, terutama bidang ekonomi.

3. Semakin mantap mengandalkan sumber-sumber pembiayaan dalam negeri (berbasis kerakyatan) yang berarti ketergantungan kepada sumber pembangunan dari luar negeri semakin kecil atau tidak ada sama sekali.

4. Secara umum telah memiliki kemampuan ekonomi, sistem politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan yang dinamis, tangguh, serta berwawasan global.

Related For Ciri dan syarat menuju masyarakat Madani