Daftar 41 negara Asia lengkap ibukotanya

Sejarah Negara Com – Benua Asia merupakan salah satu benua paling luas di dunia yang memiliki luas wilayah kurang lebih 44.180.000 km persegi.

Berbeda dengan benua lain seperti Amerika, Afrika, dan Australia, benua Asia berbatasan langsung dengan Benua Eropa. Anda bisa melihatnya di peta, di sebelah utara negara Cina termasuk kawan benua Eropa.

Bacaan Lainnya

Benua Asia memiliki dataran tertinggi yaitu Pegunungan Himalaya dengan puncaknya yang terkenal di dunia karena selalu diselimuti salju yang disebut Mount Everest, ketinggiannya mencapai kurang lebih 8.884 meter.

Selain memiliki dataran tinggi, Benua Asia juga memiliki dataran rendah, yaitu dataran rendah Siberia, dataran rendah Cina Utara dan Manchuria, dataran rendah Mesopotamia, dan dataran rendah di sepanjang sungai Indocina.

Selengkapnya tentang bentang alam, iklim, keadaan penduduk, dan karakteristik benua Asia silahkan baca di artikel: Tentang Benua Asia. Di sana bisa anda pahami seberapa luasnya benua terbesar di dunia ini.

Peta Benua Asia

Peta 41 negara di Asia
Peta 41 negara di Asia

Pembahasan selengkapnya silahkan kunjungi: Peta Benua Asia

Daftar negara dan ibukota

Karena luasnya, benua Asia banyak berdiri negara baik yang kecil maupun besar, baik negara maju maupun berkembang. Di benua terluas di tahun 2016 tercatat ada 41 negara. Berikut ini sejarah nasional dan dunia mencantumkan nama-nama negara yang termasuk dalam wilayah benua Asia lengkap dengan nama ibukotanya.

NONEGARAIBU KOTA
1AfghanistanKabul
2Arab SaudiRiyadh
3ArmeniaYerevan
4AzerbaijanBaku
5BahrainManama
6BangladeshDhaka
7BhutanThimphu
8Brunei DarussalamBandar Seri Begawan
9ChinaBeijing
10FilipinaManila
11IndiaNew Delhi
12IndonesiaJakarta
13IrakBagdad
14IranTeheran
15IsraelTel Aviv
16JepangTokyo
17KambojaPhnom Penh
18Korea SelatanSeoul
19Korea UtaraPyongyang
20KuwaitKuwait City
21LaosVientiane
22LibanonBeirut
23MaladewaMale
24MalaysiaKuala Lumpur
25MongoliaUlanbator
26MyanmarNaypyidaw
27NepalKathmandu
28OmanMuskat
29PakistanIslamabad
30QatarDoha
31SingapuraSingapura
32SiprusNikosia
33Sri LankaKolombo
34SuriahDamaskus
35ThailandBangkok
36Timor LesteDili
37TurkiAnkara
38Uni Emirat ArabAbu Dhabi
39VietnamHanoi
40YamanSanaa
41YordaniaAmman
Tabel 41 Negara Asia

Dari 41 negara di Asia yang disebutkan di atas tentunya masing-masing memiliki catatan sejarah, mengapa negara tersebut terbentuk, kapan berdiri, siapa saja presidennya dan lain-lain untuk melengkapi pengetahuan kita akan kami bahas di lain waktu.

Baca juga: Peta Asia Dalam 3 Warna

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Daftar 41 negara Asia lengkap ibukotanya, semoga menambah wawasan pengetahuan kita tentang berbagai negara yang ada di benua Asia.

Pos terkait