Sejarah Negara

Website History

Menu

Dampak positif Penanaman Modal Asing di Indonesia

Oktober 30, 2014 | Modern

Dampak positif Penanaman Modal Asing di Indonesia РPenanaman modal asing di Indonesia merupakan salah satu ciri khas globalisasi. Kegiatan tersebut membawa dampak positif bagi negara tujuan. Beberapa dampak positif yang diperoleh dari penanaman modal asing antara lain sebagai berikut :

1. Pembukaan lapangan kerja bagi rakyat Indonesia

Penanaman modal asing dilakukan dengan menjalankan usaha di suatu negara. Berdirinya sebuah usaha membutuhkan berbagai faktor produksi. Salah satu faktor produksi yang diperlukan adalah tenaga kerja. Dengan demikian penanaman modal dapat membuka lapangan kerja baru.

Dalam siklus ekonomi, pembukaan lapangan kerja baru berarti memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh pekerjaan. Bila masyarakat memperoleh pekerjaan, berarti terbuka kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh pendapatan.

Selanjutnya dengan pendapatan yang diterima masyarakat dapat mencukupi kebutuhan. Makin banyak kebutuhan masyarakat yang terpenuhi, berarti makin sejahtera kehidupan masyarakat tersebut.

Dampak positif Penanaman Modal Asing di Indonesia

2. Alih Teknologi

Penanaman modal asing biasa dilakukan oleh negara maju. Mereka melakukan penanaman modal asing guna memperluas pasar. Manfaat yang diperoleh dari penanaman modal asing yang dilakukan negara maju adalah terjadinya alih teknologi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebar bersama kegiatan penanaman modal asing. Misalnya, perusahaan otomotif Honda membangun usaha assembling di Indonesia. Banyak ahli otomotif Jepang yang terlibat dalam proses produksi di Indonesia.

Tenaga kerja yang berasal dari Indonesia dapat mengetahui cara merakit mobil. Mereka juga mengetahui proses produksi onderdil mobil. Lambat laun pengetahuan yang diperoleh berguna untuk mengembangkan dunia otomotif di tanah air.

3. Peningkatan pendapatan negara dari sektor pajak

Dalam perdagangan antarnegara dikenal adanya pajak. Pajak merupakan salah satu pendapatan bagi negara. Makin banyak perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia, berarti makin banyak pula penerimaan pajak yang diterima negara.

Hasil pajak dapat digunakan oleh negara untuk berbagai sarana dan kebutuhan masyarakat. Contohnya, pembangunan sarana jalan raya, pasar, dan rumah sakit.

4. Memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan

Dengan adanya penanaman modal asing, berarti makin banyak tersedia barang pemuas kebutuhan masyarakat di pasar, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mencukupi kebutuhan.

5. Mendorong kemajuan produsen dalam negeri

Terjadinya penanaman modal asing berarti mendorong masuknya produk luar negeri ke dalam negeri. Dengan kelebihan di bidang teknologi, produk asing dapat menjangkau segenap lapisan masyarakat dengan harga lebih murah dan kualitas baik.

Situasi yang demikian dapat memacu produsen dalam negeri untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk. Perusahaan dalam negeri harus berusaha mengimbangi kualitas dan kuantitas produksi produk asing.

Penanaman modal asing juga dapat menjamin keberlangsungan produsen dalam negeri dengan sistem kemitraan. Penanaman modal asing dapat ditujukan untuk membantu pengembangan modal sebuah perusahaan dalam negeri. Dengan sistem demikian, industri kecil dapat berkembang dan bahkan dapat tumbuh menjadi industri besar.

Selanjutnya baca juga 5 dampak negatif Penanaman Modal Asing di Indonesia

Related For Dampak positif Penanaman Modal Asing di Indonesia