Sejarah Negara

Website History

Menu

Daratan Indonesia terbentuk dari dataran tinggi, dataran rendah dan pantai

Februari 23, 2015 | Geografi

Daratan Indonesia terbentuk dari dataran tinggi, dataran rendah dan pantai – Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi oleh air dan berbentuk padat. Luas wilayah daratan kepulauan Indonesia sepertiga dari seluruh luas wilayah Indonesia. Dua pertiga wilayah Indonesia lainnya berupa lautan. Wilayah daratan tidaklah rata, ada pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, gunung, dan pantai.

1. Pegunungan

Puncak Gunung Jayawijaya di Papua

Puncak Gunung Jayawijaya di Papua

Pegunungan merupakan rangkaian gunung yang sambung-menyambung satu sama lain serta memiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan air laut. Pegunungan tertinggi di Indonesia adalah Pegunungan Jayawijaya yang memiliki ketinggian 4.862 meter di atas permukaan air laut. Puncak gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya di Pegunungan Jayawijaya yang selalu diselimuti salju.

Pegunungan yang ada di Pulau Sumatra adalah Bukit Barisan. Di Pegunungan Bukit Barisan terdapat Gunung Kerinci yang ketinggiannya mencapai 3.805 meter di atas permukaan air laut.

Di Pulau Jawa terdapat Pegunungan Serayu, Pegunungan Dieng, dan Pegunungan Tengger. Di Pegunungan Tengger terdapat Gunung Bromo yang tingginya mencapai 2.392 meter di atas permukaan air laut.

Di Pulau Kalimantan terdapat Pegunungan Kapuas dan Pegunungan Iban. Kedua pegunungan tersebut menjadi pembatas wilayah Indonesia dan Malaysia.

Di Pulau Sulawesi terdapat Pegunungan Beludewa (Sulawesi Utara dan Gorontalo), Pegunungan Verbeek (di perbatasan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan), dan Pegunungan Mekongga (Sulawesi Tenggara).

2. Dataran Tinggi

Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo Jawa Tengah

Daratan yang terletak pada ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan air laut termasuk dataran tinggi. Contoh dataran tinggi adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah, Dataran Tinggi Priangan di Jawa Barat, Dataran Tinggi Brastagi di Sumatra utara, dan Dataran Tinggi Kerinci di Sumatra Barat.

Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untuk tempat peristirahatan, rekreasi, perkebunan teh, kopi, pinus, kina, apel, dan buah-buahan yang lain, serta sayuran.

3. Dataran Rendah

Daerah yang memiliki ketinggian sampai 500 meter di atas permukaan air laut biasa disebut dataran rendah. Dataran rendah yang sangat luas terdapat di pantai timur Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan bagian selatan, tenggara, dan bagian barat, serta Papua bagian selatan. Dataran rendah yang sempit terdapat di pantai utara dan selatan Pulau Jawa.

4. Pantai

Pantai adalah wilayah perbatasan antara daratan dan lautan/perairan. Pantai bisa berbentuk landai atau curam. Pantai landai umumnya terdapat di Pantai utara Pulau Jawa, seperti Ancol di Jakarta Utara. Sedangkan pantai curam banyak terdapat di selatan Pulau Jawa, seperti Pantai Pacitan di Jawa Timur.

Silahkan baca juga : Wilayah perairan di Indonesia meliputi sungai, danau, laut dan teluk

Related For Daratan Indonesia terbentuk dari dataran tinggi, dataran rendah dan pantai