Sejarah Negara

Website History

Menu

Fakta sosial dalam sejarah

Januari 10, 2016 | Catatan

Fakta sosial dalam sejarah – Sejarah tidak dapat dipisahkan dari fakta-fakta sosial yang muncul dalam kehidupan masyarakat. Karena munculnya suatu peristiwa bersejarah dapat dipengaruhi oleh masalah-masalah sosial yang terjadi dalam lingkungan kehidupan masyarakat. Bahkan, masalah sosial yang muncul dan berkembang di masyarakat kerap kali menimbulkan suatu peristiwa, baik peristiwa itu merupakan peristiwa kecil maupun besar.

Contohnya, masalah-masalah sosial yang dibatasi pada masa Orde Baru dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto, tertanam kuat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Ruang lingkup kehidupan sosial masyarakat yang sangat terbatas itu dijadikan dasar perjuangan untuk menentang kekuasaan Orde Baru.

Bahkan kehidupan sosial dari masyarakat Indonesia yang sangat memprihatinkan itu menarik perhatian kalangan intelektual muda, yaitu kalangan mahasiswa. Seminar-seminar, mimbar-mimbar, bahkan sampai kepada demonstrasi-demonstrasi digelar oleh mahasiswa.

Reformasi 1998

Puncak demonstrasi yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa ini ditandai dengan berhentinya Presiden Soeharto dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia pada tanggal 21 Mei 1998 dan digantikan oleh Wakil Presiden B.J. Habibie menjadi Presiden Republik Indonesia. Presiden B.J. Habibie menjabat sebagai presiden hingga terpilihnya presiden berikutnya melalui Sidang MPR hasil pemilihan umum tahun 1999.

Baca kembali :

Masalah-masalah sosial sering muncul setelah terjadi suatu peristiwa bersejarah, seperti pada Perang Dunia 1 dan 2, Perang Asia Timur Raya atau Perang Pasifik. Peperangan yang telah memporak-porandakan tatanan sosial dalam kehidupan suatu masyarakat atau bangsa. Hubungan sosial yang pernah terputus akibat peperangan mulai dibenahi kembali, sehingga dapat memunculkan jalinan hubungan sosial yang lebih erat dari masa sebelumnya.

Baca kembali :

Berdasarkan uraian dan contoh di atas, maka pengertian sosial berkenaan dengan kehidupan suatu kelompok masyarakat maupun bangsa sehingga untuk menjaga agar hubungan sosial tetap terjaga dengan baik perlu adanya komunikasi sosial antara masyarakat dalam mencapai tujuan dari masyarakat bersangkutan atau menunjang pembangunan di segala sektor kehidupan masyarakat tersebut.

Di samping itu, pengertian sosial dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu proses belajar dari seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati budaya masyarakat di lingkungannya. Misalnya, seorang yang baru tinggal pada suatu lingkungan kelompok masyarakat maka mengetahui adat dan tradisi masyarakat tersebut. Dengan mengetahui tradisi masyarakat tersebut, maka akan mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Dengan demikian, fakta sosial merupakan suatu bukti yang muncul dari lingkungan sosial masyarakat untuk mencapai tujuan dari masyarakat bersangkutan. Sehingga di dalam upaya mencapai tujuan itu sering muncul peristiwa atau kejadian. Bukti-bukti yang muncul dari berbagai peristiwa itulah yang dapat dikenal dengan fakta sosial dalam ilmu sejarah.

Related For Fakta sosial dalam sejarah