Sejarah Negara

Website History

Menu

Faktor pendorong penjelajahan samudra oleh bangsa barat

September 25, 2013 | Dunia

Faktor pendorong penjelajahan samudra oleh bangsa barat – Telah berabad-abad Lautan Nusantara dilayari kapal-kapal dari negara-negara Asia. Antara lain Cina, India, Persia dan Arab. Pada abad ke-16 mulailah bermunculan pelaut-pelaut berkulit putih di lautan nusantara.

Memang sejak pertengahan abad ke-15 orang-orang Eropa mulai mengadakan penjelajahan samudera. Mereka berlayar keluar dari benuanya. Pada abad-abad berikutnya, orang-orang Eropa semakin giat menjelajah samudra. Mereka tiba dibenua-benua yang semula belum mereka ketahui.

Penjelajahan samudera oleh orang-orang Eropa didorong oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Keinginan mancari rempah-rempah

Rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa. Rempah-rempah tersebut berasal dari Indonesia, terutama dari kepulauan Maluku. Semula orang-orang Eropa membeli rempah-rempah Indonesia di kota-kota dagang sekitar Laut Tengah, terutama Konstantinopel. Kota tersebut merupakan pasar rempah-rempah Indonesia di Eropa.

Pada tahun 1453, Konstantinopel direbut oleh bangsa Turki. Kemudian bangsa Turki menutup pelabuhan Konstantinopel bagi orang-orang Eropa. Sejak itulah orang-orang Eropa berusaha mendapatkan rempah-rempah langsung dari Indonesia, yang pada waktu itu mereka sebut India.

2. Kemajuan ilmu dan teknologi

Kemajuan ilmu dan teknologi memperlancar pelaksanaan penjelajahan samudra. Terutama penemuan kompas, mesiu dan penyempurnaan teknik pelayaran. Dengan kompas orang-orang Eropa lebih mudah mengetahui arah pada waktu menjelajah samudra. Dengan mesiu mereka dapat menanggulangi bahaya dari daerah-daerah yang baru mereka kunjungi. Dan dengan mesiu pula mereka merebut daerah-daerah baru. Dengan teknik pelayaran yang lebih sempurna, mereka mampu mengarungi samudra luas.

3. Keinginan untuk mencari jajahan

Pada waktu itu, jajahan merupakan lambang kejayaan. Negara-negara yang memiliki banyak jajahan dianggap sebagai negara yang jaya. Oleh karena itu, orang-orang Eropa berlomba-lomba mencari daerah jajahan.

4. Keinginan untuk menyebarkan agama Nasrani

Orang-orang Eropa merasa mendapatkan panggilan suci, menyebarkan agama Nasrani.

Itulah antara lain faktor pendorong penjelajahan samudra oleh bangsa barat. Diantara hal-hal tersebut yang terpenting adalah keinginan mencari rempah-rempah.

Baca juga : Tokoh perintis penjelajahan samudra portugis

Penjelajahan samudra semula dipelopori oleh bangsa Portugis dan Spanyol. Kemudian menyusul bangsa-bangsa lain.

Related For Faktor pendorong penjelajahan samudra oleh bangsa barat