Sejarah Negara

Website History

Menu

Flora yang tumbuh di Indonesia

Februari 23, 2015 | Geografi

Flora yang tumbuh di Indonesia – Flora yang tumbuh di Indonesia dipengaruhi oleh iklim, letak ketinggian tempat, serta kesuburan tanah. Indonesia beriklim tropis dan panas. Rata-rata curah hujan di Indonesia cukup tinggi. Ketinggian wilayah daratan di Indonesia cukup beragam, mulai dari dataran rendah di daerah pantai hingga dataran tinggi di daerah pegunungan.

Berdasarkan letak ketinggian, jenis flora atau tanaman yang ada di Indonesia dapat dibedakan sebagai berikut :

1. Tanaman yang tumbuh di bawah ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara cukup panas. Jenis tanaman yang biasa tumbuh dengan baik adalah padi, jagung, dan berbagai jenis tanaman palawija.

2. Tanaman yang tumbuh pada ketinggian 700 – 1.500 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara cukup sejuk. Jenis tanaman yang biasa tumbuh dengan baik adalah teh, kopi, kina, dan sayur-mayur.

3. Tanaman yang tumbuh pada ketinggian 1.500 – 2500 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara cukup dingin. Jenis tanaman yang biasa tumbuh dengan baik adalah cemara dan mahoni.

4. Tanaman yang tumbuh di atas ketinggian 2.500 meter di atas permukaan air laut. Suhu udara sangat dingin. Jenis tanaman yang biasa tumbuh adalah semak-semak dan lumut.

Berdasarkan jenisnya flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi hutan bakau, hutan rawa, hutan musim, hutan hujan tropis, dan sabara.

Hutan Bakau

Hutan Bakau

Hutan bakau disebut juga hutan mengrove. Hutan bakau biasa tumbuh di daerah pantai yang landai. Hutan bakau merupakan tempat hidup berbagai jenis ikan dan udang. Di Indonesia hutan bakau terdapat di pesisir pantai Pulau Papua, pesisir Kalimantan, dan di beberapa pesisir pantai timur di Pulau Sumatra.

Hutan rawa banyak terdapat di daerah rawa yaitu di pantai timur Sumatra, pantai Kalimantan Barat, dan di pantai Kalimantan Tengah. Jenis tanaman yang tumbuh berupa beluntas, pandan, dan ketapang.

Hutan musim adalah hutan yang pada musim hujan biasanya tumbuh subur, sedangkan pada musim kemarau daunnya meranggas. Contoh hutan musim adalah hutan jati. Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan kepulauan Nusa Tenggara.

Hutan hujan tropis adalah hutan yang terdapat di daerah tropis dan memiliki curah hujan yang tinggi. Hutan hujan tropis sangat lebat dengan berbagai macam tumbuhan. Hutan jenis ini banyak terdapat di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Papua.

Sabana adalah padang rumput yang sangat luas dengan diselingi tumbuhan semak belukar. Sabana yang ada di Indonesia terdapat di Jawa Timur dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Baca juga : Tipe fauna Asia, fauna peralihan dan fauna Australia

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenaiĀ Flora yang tumbuh di Indonesia, semoga menjadikan tambahan wawasan kita bersama.

Related For Flora yang tumbuh di Indonesia