Sejarah Negara

Website History

Menu

Glosarium kehidupan awal masyarakat Indonesia

Oktober 26, 2016 | Nasional

Kehidupan awal masyarakat Indonesia berawal dari kehidupan berburu dan mengumpulkan makanan. Pada masa ini masyarakat hanya mengandalkan apa yang telah tersedia di dalam hutan. Mereka hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 10-15 orang. Kebudayaan yang mereka miliki seperti kapak perimbas, kapak penetak, kapak genggam, alat-alat dari tulang dan lain sebagainya.

Selengkapnya silahkan baca: masa berburu dan meramu tingkat lanjut

Masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan telah mengenal kepercayaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya upaya penguburan orang yang telah meninggal.

Pada masa beternak dan bercocok tanam, kehidupan masyarakat semakin bertambah maju, karena mereka telah dapat mengolah alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan mereka telah memiliki tempat tinggal untuk menetap. Kelompok mereka semakin bertambah besar dan pola hidup bergotong royong menjadi inti dari kehidupan sosial masyarakatnya. Pada masa ini mereka telah mengenal sistem perekonomian, walaupun dilakukan melalui pertukaran barang dengan barang atau dikenal dengan istilah barter.

Sejarah selengkapnya silahkan baca: masa bercocok tanam dan hidup menetap

Kepercayaan mereka semakin berkembang, bahkan mereka telah mengenal kepercayaan yang bersifat animisme dan dinamisme. Kebudayaannya terbuat dari batu seperti beliung persegi, kapak lonjong, mata panah dari batu, gerabah dan sebagainya. Mereka juga telah mengenal perhiasan yang terbuat dari batu.

Perkembangan teknologi dalam kehidupan masyarakat Indonesia diawali dengan penemuan logam yang dipergunakan untuk membuat berbagai bentuk peralatan dan perhiasan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, pada masa ini tidak semua anggota masyarakat dapat membuat benda-benda dari logam, melainkan hanya beberapa orang yang memiliki keahlian untuk membuatnya.

Orang yang ahli membuat kerajinan dari logam dikenal dengan sebutan undagi dan tempat pembuatannya disebut dengan perundagian. Oleh karena itu, pada masa ini masyarakat telah mengalami perkembangan yang cukup maju. Hasil kebudayaan yang berasal dari logam seperti nekara, kapak perunggu, bejana perunggu, arca perunggu, perhiasan dan lain sebagainya.

Bagaimana kehidupan pada masa ini? Silahkan baca: Kehidupan masyarakat perundagian

Ilustrasi wajah manusia purba

Gambar ilustrasi wajah manusia purba dewasa dan anak-anak.

Glosarium

Berikut beberapa istilah sejarah kehidupan awal masyarakat Indonesia yang perlu anda ketahui:

  • Barter adalah: sistem perekonomian pada masa lampau yang dilakukan melalui pertukaran barang dengan barang.
  • Berhuma adalah: cara bercocok tanam yang sangat sederhana yaitu dengan membersihkan hutan dan kemudian membakarnya. Selanjutnya menanam tumbuh-tumbuhan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka.
  • Bersawah adalah: cara bercocok tanam di sawah dengan menanam tanaman padi.
  • Goa adalah: sebuah ceruk yang terdapat pada bukit atau batu padas yang dapat dijadikan sebagai tempat tinggal oleh manusia purba. Terdapat dua jenis goa berdasarkanproses pembentukannya, yaitu goa yang dibuat oleh manusia dan goa yang terjadi karena proses alam.
  • Gotong-royong adalah: cara bekerja bersama-sama dan saling membantu antara anggota masyarakat yang satu dengan anggota masyarakat yang lainnya.
  • Monoisme adalah: suatu kepercayaan dimana manusia mengakui adanya kekuatan yang lebih besar di luar dirinya yaitu kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa.
  • Pithecanthropus erectus adalah: fosil manusia purba yang ditemukan oleh Van Reitschotten dan diteliti oleh Eugene Dubois. Adapun jenis fosil ini selengkapnya silahkan baca: jenis Pithecanthropus
  • Rakit adalah: bambu atau kayu yang dijejer dan diikat menjadi satu serta dijadikan sarana untuk menyeberangi sungai.
  • Sanksi adalah: hukuman atau teguran terhadap suatu kesalahan yang dilakukan oleh seseorang di dalam suatu kelompok masyarakat, lembaga, atau pada tempat lainnya.

Demikian rangkuman dan glosarium kehidupan awal masyarakat Indonesia, semoga bermanfaat bagi yang suka dengan sejarah baik sejarah nasional maupun sejarah dunia.

Related For Glosarium kehidupan awal masyarakat Indonesia