Sejarah Negara

Website History

Menu

Hebatnya Theodore Roosevelt yang pemalu dan penyakitan

September 25, 2014 | Biografi

Biografi, Hebatnya Theodore Roosevelt yang pemalu dan penyakitan – Theodore Roosevelt merupakan salah satu presiden yang pernah memimpin Amerika Serikat selama dua periode. Ia adalah presiden ke-26 bagi negara adi daya ini. Theodore Roosevelt lahir di New York City pada tanggal 27 Oktober 1958.

Ia berasal dari keturunan orang kaya. Ayahnya seorang keturunan bangsawan Belanda yang menetap di New York pada tahun 1640, sedangkan ibunya adalah seorang keturunan bangasawan yang berasal dari Georgia.

Biografi singkat Theodore Roosevelt

Theodore Roosevelt

Ketika masih kecil Theodore Roosevelt adalah seorang anak yang sering mengalami sakit-sakitan, bahkan ia juga pernah menderita penyakit asma. Roosevelt kecil merupakan sosok yang pemalu yang gemar membaca sejarah alam. Tetapi, ia juga merupakan anak yang unggul dalam bidang oleh raga karena penyakit yang dideritanya.

Untuk pendidikan sewaktu kecil Roosevelt dididik oleh tutor pribadi. Namun, ketika beranjak remaja ia dididik di sebuah program pelatihan fisik ketat dalam rangka membangun kembali kesehatan tubuhnya.

Hasil dari latihan sehari-harinya di Gymnasium, Roosevelt tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan sehat. Sehingga pada tahun 1876 ia dapat masuk ke Harvard College. Ketika belajar di sana ia banyak mempelajari berbagai mata pelajaran, termasuk bahasa Jerman, sejarah alam, zoologi, forensik, dan komposisi. Setelah lulus dari Harvard College ia melanjutkan pendidikannya ke Columbia Law School.

Roosevelt mempunyai dua orang istri, istri pertamanya bernama Alice Hathaway Lee, berasal dari Massachusetts. Dari pernikahan dengan Alice ia memiliki seorang anak bernama Alice Lee. Namun Alice meninggal dunia bersamaan dengan meninggalnya ibu Roosevelt pada tanggal 14 Pebruari 1884.

Setelah itu, pada tahun 1886 Roosevelt menikah lagi dengan seorang wanita bernama Edith Kermit Carow. Dari pernikahan ini Dari pernikahan dengan memiliki lima orang anak, yaitu : Theodore, Kermit, Ethel, Archibald, dan Quentin.

Perjalanan karier Roosevelt sebelum menjadi seorang presiden dapat dikatakan bagus. Selain menjalankan karirnya ia juga aktif dalam menulis buku. Buku Roosevelt yang diterbitkan mencapai 25 buku, antara lain meliputi buku-buku pelajaran termasuk sejarah, biologi, geografi dan filsafat. Selain itu ia juga menerbitkan buku biografi dan autobiografi.

Ketika memulai karir dalam dunia politik, Roosevelt terjun ke salah satu partai yang ada di Amerika Serikat yaitu Partai Republik. Ketertarikannya dalam dunia politik membawanya dalam beberapa jabatan, antara lain :

1. Anggota parlemen negara bagian New York

2. Anggota Jawatan Kepegawaian Pemerintah AS

3. Ketua Dewan Polisi New York, Asisten Sekretaris Angkatan Laut

4. Letnan Kolonel dalam perang Spanyol – Amerika

5. Gubernur New York

6. Wakil Presiden Amerika Serikat

Jabatan-jabatan yang dicapai Roosevelt tersebut ternyata mengantarkannya pada kursi jabatan sebagai seorang Presiden Amerika Serikat. Jabatan tersebut diperoleh karena ia menggantikan kedudukan presiden sebelumnya, William McKinley yang terbunuh akibat ditembak oleh seorang teroris.

Diangkatnya Roosevelt sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-26 menyebabkan ia dinobatkan sebagai presiden termuda, karena menjabat presiden pada usia 42 tahun. Jabatan sebagai seorang presiden didudukinya selama 2 periode, yaitu sejak 14 September 1901 sampai 4 Maret 1909.

Pada pemerintahan Roosevelt periode yang pertama (1901 – 1905) ia tidak memiliki seorang wakil presiden. Sedangkan pada periode kedua (1905 – 1909), ia memiliki seorang wakil presiden yang bernama Charles Warren Fairbanks. Dalam menjalankan pemerintahannya, Roosevelt menetapkan beberapa kebijakan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan lingkungan hidup.

Setelah selesai menjalani hari-harinya dalam dunia politik Roosevelt lebih menyukai menjalani kehidupannya di alam terbuka. Hingga pada tanggal 6 Januari 1919 ia tutup usia di perkebunan Long Island, Sagamore Hill, karena menderita penyakit emboli koroner.

Pada masa akhir hidupnya, ia banyak menerima penghargaan berkat jasa-jasanya ketika sebelum menjabat sebagai presiden sampai menjabat sebagai presiden di Amerika Serikat.

Berikutnya baca juga : Theodore Roosevelt peraih Nobel Perdamaian tahun 1906

Related For Hebatnya Theodore Roosevelt yang pemalu dan penyakitan