Sejarah Negara

Website History

Menu

Hong Kong riwayatmu dulu

Mei 25, 2016 | Selingan

Hong Kong riwayatmu dulu – Koloni Inggris yang kita kenal sebagai negara Hongkong meliputi suatu daerah seluas 1.046 kilometer persegi. Terdiri atas Pulau Hongkong, Semenanjung Kowloon, dan daerah New Territories di daratan China dan 235 pulau kecil.

Yang benar-benar tanah jajahan sebenarnya hanya Pulau Hongkong yang memiliki luas 75,6 kilometer persegi, dan Semenanjung Kowloon dengan luas 11,1 kilometer persegi.

Inggris memperoleh Pulau Hong Kong melalui Perjanjian Nanking yang dilaksanakan tahun 1842 sebagai rampasan Perang Candu yang terjadi tahun antara tahun 1839 sampai 1842.

Semenanjung Kowloon yang sebenarnya juga merupakan sebagian daratan Cina yang berhadapan dengan Hong Kong dan Stonecutter’s Island., diperoleh lewat Perjanjian Tientsin yang dilaksanakan pada tahun 1860 setelah perang Lorcha yang terjadi antara tahun 1857 sampai 1860.

Melalui Perjanjian Peking tahun 1898, Inggris kemudian memperluas lagi daerah jajahannya dengan menyewa suatu daerah baru (New Territories) dari daratan Cina untuk kurun waktu 99 tahun.

Berdasarkan Perjanjian Peking itulah perjanjian sewa New Territories akan berakhir pada tanggal 1 Juli 1997. Itulah sebabnya Inggris menandatangani Deklarasi Beijing pada tahun 1984, di mana negara tersebut menyatakan tidak hanya akan mengembalikan New Territories, tetapi juga Pula Hong Kong dan Semenanjung Kowloon kepada RRC.

Lebih jauh mengenai pulau-pulau yang termasuk wilayah Hong Kong silahkan perhatikan peta google map di bawah ini

[mappress mapid=”4″]

Demikian sekilas riwayat negara Hong Kong yang mungkin belum anda ketahui.

Related For Hong Kong riwayatmu dulu

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori