Sejarah Negara

Website History

Menu

Iklim dan penduduk Mesir

Oktober 30, 2013 | Dunia, Negara

Iklim dan penduduk Mesir

Iklim

Mesir merupakan negara terpanas dan terkering di dunia. Bulan Desember dan Januari adalah bulan terdingin. Daerah pantai Laut Tengah mendapat hujan 250 mm, sedangkan Kairo hujan jatuh 76 mm.

Pada musim panas yaitu bulan Mei – Oktober, suhu udara sekitar 31 derajat celcius disiang hari, sedangkan malam hari 15 derajat celcius. Pada musim semi Mesir bertiup angin yang panas dan kering dari Sahara menuju ke Delta Nil, yang disebut juga khamsin yang membawa debu dan pasir perusak tanaman.

Penduduk

Laju pertumbuhan penduduk Mesir rata-rata 2,7%. Penyebaran penduduk hampir 2/3 dari jumlah dari jumlah penduduk berada di delta sungai yang subur. Kota-kota terpadat adalah Kairo dan Alexandria. Alexandria adalah kota pelabuhan dan industri kedua terbesar setelah Kairo.

Petani tradisional Mesir di sebut fellahin, yang tersebar di delta dan lembah Sungai Nil. Penduduk Mesir terdiri dari 3 kelompok utama, yaitu :

1. orang Nubian yang berkulit hitam di selatan.

2. orang Hamit berkulit putih yang merupakan pendiri Mesir Kuno.

3. orang Arab.

Bahasa Nasional Mesir adalah bahasa Arab yang digunakan 98% penduduk. Bahasa lokal yaitu bahasa Beja, Berber dan Nubia yang dipakai oleh minoritas penduduk. Agama Islam dianut 91% penduduk.

Baca selengkapnya Tentang negara Mesir

Related For Iklim dan penduduk Mesir