Sejarah Negara

Website History

Menu

Iklim, vegetasi dan penduduk Selandia Baru

Oktober 23, 2013 | Dunia, Negara

Iklim, vegetasi dan penduduk Selandia Baru

Iklim dan vegetasi

Selandia Baru beriklim sedang yang dipengaruhi oleh laut. Suhu udara dan curah hujan di Pulau Utara jauh lebih tinggi daripada di Pulau selatan.

Selengkapnya mengenai Pulau Utara dan Pulau selatan baca pada artikel Relief Selandia Baru.

Curah hujan di Auckland ada1.012 mm setahun dan Wellington kurang lebih 790 mm. Pantai barat selalu mendapat curah hujan lebih banyak daripada pantai timur. Curah hujan tertinggi terdapat di daerah Fordland sekitar 635 cm setahun.

Tumbuhan asli Selandia Baru yaitu pohon rimu, totara dan kauri yang tingginya bisa mencapai 37 meter. Binatang khas Selandia Baru adalah Kiwi yang disebut juga burung nasional. Jenis reptil yang ada tuatara lizard sejenis binatang purba yang mempunyai mata ketiga.

Penduduk

Penduduk asli Selandia Baru yaitu Suku Maori yang jumlahnya hanya sekitar 10% saja. Penduduk pendatang yaitu bangsa Inggris. Kepadatan penduduk hampir 12 orang/km persegi. Mata pencaharian utama peternakan.

Pemusatan penduduk terdapat di Wellington, Auckland dan Chistchurch. Laju pertumbuhan penduduknya sekitar 0,9% pertahun.

Orang Maori menyebut orang kulit putih dengan sebutan “Pakeha” yang artinya petung hidup yang menyerupai orang. Olah raga yang paling populer adalah “Rugby”.

Baca juga Tentang negara Selandia Baru

Related For Iklim, vegetasi dan penduduk Selandia Baru