Sejarah Negara

Website History

Menu

Indonesia menjadi anggota PBB 28 September 1950

Juni 3, 2013 | Pbb

Indonesia menjadi anggota PBB 28 September 1950 – Sesuai dengan politik luar negeri Indonesia bebas aktif yang selalu ikut menciptakan perdamaian dunia, maka Indonesia masuk menjadi anggota PBB. Indonesia masuk menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1950 dan sebagai anggota yang ke-60.

Dengan demikian, Indonesia sudah diakui dunia sebagai negara merdeka, berdiri sama tinggi dengan negara-negara lain, setelah sang Saka Merah Putih berkibar di depan Gedung Markas Besar PBB. Indonesia memiliki hak yang sama untuk ikut mengusahakan perdamaian dunia.

Tetapi, Indonesia pernah keluar dari anggota PBB pada tahun 1965. Alasannya karena Malaysia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan. Padahal ketika itu Indonesia sedang konfrontasi dengan Malaysia.

Saat itu, politik luar negeri Indonesia cenderung ke kiri, yang berarti tidak murni lagi. Dengan keluarnya Indonesia dari PBB, Indonesia menjadi terpencil. Untung saja ini tidak berlangsung lama. Setelah Indonesia memasuki zaman Orde Baru, Indonesia kembali diterima sebagai anggota PBB pada tanggal 28 September 1966.

Related For Indonesia menjadi anggota PBB 28 September 1950