Sejarah Negara

Website History

Menu

Kapal berbahan bakar minyak pertama di dunia

November 10, 2013 | Catatan

Kapal berbahan bakar minyak pertama di dunia – Mobil menjadi begitu populernya sehingga pada tahun 1930 di Inggris saja terdaftar lebih dari 1 juta mobil. Dan pada tahun 1938 sudah meningkat menjadi 2 juta mobil. Bentuk alat angkutan yang lain seperti bus, lori dan pesawat terbang juga menggunakan bensin.

Karena jumlah alat transportasi yang semakin meningkat, maka bensin yang dibutuhkan untuk pembakaran poun meningkat pula. Tetapi bensin bukanlah satu-satunya bahan bakar yang dipakai waktu itu.

Kapal pertama berbahan bakar minyak

Kapal pertama berbahan bakar minyak

Kendaraan-kendaraan umum kadang-kadang memakai mesin diesel. Dan mesin ini menggunakan minyak diesel sebagai bahan bakarnya. Pada tahun 1930-an jumlah kendaraan yang menggunakan mesin diesel mengalami peningkatan pesat.

R.M.S. Queen Mary yang merupakan kapal terbesar di dunia pada masa itu dirancang dan dibuat sebagai kapal berbahan bakar minyak.

Dalam masa 80 tahun, yaitu dari sejarah pengeboran minyak yang pertama sampai meletusnya perang dunia kedua, riwayat minyak bisa dibagi dalam 2 bagian.

Kemudian dari tahun 1910 keatas pemakaian minyak sebagai bahan bakar mesin. Perkembangan industri dan pemasaran yang pesat menggalakkan timbulnya abad bensin. Pada tahun 1939 bensin yang dijual jauh lebih banyak dibandingkan dengan produk-produk minyak lainnya. Tetapi, tanda-tanda akan pemakaian yang lebih luas sudah mulai tampak.

Baca juga : Gloster Meteor jet bermesin 2 pertama di dunia

Related For Kapal berbahan bakar minyak pertama di dunia