Sejarah Negara

Website History

Menu

Kebudayaan zaman Cina Kuno

September 15, 2014 | Prasejarah

Prasejarah, Kebudayaan zaman Cina Kuno – Melanjutkan artikel prasejarah Kepercayaan dan Filsafat Cina Kuno, kali ini akan dibahas bagaimana kebudayaan pada zaman tersebut, yang meliputi Seni Sastra, Seni bangunan dan Seni kerajinan zaman Cina Kuno.

Seni sastra

Pada zaman Cina Kuno, perkembangan seni sastra tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan tulisan. Pada awalnya huruf Cina dibuat dengan sangat sederhana, yaitu satu lambang menunjukkan satu pengertian.

Lambang huruf Cina Kuno

Lambang huruf Cina Kuno

Tulisan ini ditulis pada kulit atau bambu. Baru pada masa kekuasaan dinasti Han ditemukan kertas, sehingga karya sastra mengalami perkembangan yang sangat pesat di Icna.Szima Tzien seorang pujangga pada zaman dinasti Han telah mengarang kitab sejarah dari masa sejak zaman purba sampai dengan masa pemerintahan Kaisar Han Wu Ti.

Seni bangunan

Seni bangunan yang dihasilkan pada peradaban Cina Kuno adalah sebagai berikut :

1. The Great Wall of China

The Great Wall of China adalah Tembok Besar Cina. Tembok raksasa Cina ini dibangun dalam waktu 18 abad dan selesai pada masa kekuasaan dinasti Ming.

The Great Wall of China

The Great Wall of China

2. Bangunan kuil

Bangunan kuil adalah bangunan suci tempat pemujaan para dewa. Kuil yang terkenal di Cina adalah Kuil Dewa Beijing. Kuil ini terbuat dari batu pualam yang dikelilingi oleh tiga pelataran yang indah dan dibagian tengah terdapat tangga yang terbuat dari batu pualam pilihan. Atap bangunan dibuat berlapis tiga. Menurut kepercayaan masyarakat Cina, tangga ini merupakan tangga untuk roh-roh leluhur.

Kuil Dewa Beijing

Kuil Dewa Beijing

3. Istana

Istana kaisar atau raja Cina dibangun dengan sangat megah dan indah dengan tujuan sebagai tanda penghormatan terhadap kaisar atau raja. Rakyat Cina sangat menghormati kaisar, karena kaisar dipandang sebagai penjelmaan para dewa, sehingga kemegahan istana tidak jauh berbeda dengan kemegahan kuil tempat pemujaan para dewa.

Istana kaisar Cina

Istana kaisar Cina

Seni kerajinan

Seni kerajinan masyarakat Cina Kuno adalah lukisan dan keramik. Keramik merupakan ciri khas dan hasil karya masyarakat Cina. Pembuatan keramik mengandung jiwa seni, karena pada benda-benda keramik terdapat berbagai macam bentuk hiasan.

Guci keramik Cina Kuno

Guci keramik Cina Kuno

Seperti guci keramik yang dihiasi dengan gambar seekor naga atau dihiasai dengan gambar-gambar hewan maupun tumbuh-tumbuhan.

Baca juga : Kepercayaan dan Filsafat Cina Kuno

Related For Kebudayaan zaman Cina Kuno

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori