Sejarah Negara

Website History

Menu

Kedermawanan Usman bin Affan yang patut diteladani

November 10, 2014 | Islam

Kedermawanan Usman bin Affan yang patut diteladani – Usman bin Affan mempunyai pribadi yang tampan, berjenggot dan berkulit sawo matang. Usman memiliki akhlaq mulia, pemalu, terhormat dan terkenal sebagai seorang yang dermawan. Dia sangat peduli terhadap orang-orang yang tidak mampu/miskin. Ia sering mengeluarkan hartanya untuk menyantuni anak yatim dan fakir miskin.

Usman juga banyak memerdekakan para budak yang telah masuk Islam, terutama bagi mereka yang mendapat penganiayaan dari majikannya. Budak-budak itu dibelinya dari majikan mereka kemudian dibebaskan.

Usman bin Affan terkenal karena kedermawanannya. Ia sering menyedekahkan hartanya di Jalan Allah. Dikisahkan pada suatu saat orang Muhajirin kesusahan mendapatkan air bersih di Madinah. Mereka hanya bisa mendapatkan air dari sumur orang-orang Yahudi yang airnya dijual sangat mahal.

Kemudian Rasulullah bersabda : “Barang siapa yang mau membeli sumur itu dan disedekahkan kepada umat muslim, maka Allah akan membebaskannya dari rasa haus di akhirat nanti.”

Ketika Usman mendengar sabda Nabi Muhammad tersebut, ia langsung menemui orang Yahudi pemilik sumur itu. Akhirnya Usman bin Affan membelinya dengan harga 18 dirham, maka sumur itu telah menjadi miliki Usman bin Affan.

Kemudian sumur tersebut diserahkan kepada penduduk setempat dan bagi mereka yang membutuhkan air tanpa harus membayar mahal. Sejak saat itu kaum muslimin tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.

Related For Kedermawanan Usman bin Affan yang patut diteladani

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori