Sejarah Negara

Website History

Menu

Kegigihan anak seorang petani Mikhail S. Gorbachev

September 25, 2014 | Biografi

Biografi, Kegigihan anak seorang petani Mikhail S. Gorbachev – Gorbachev bernama lengkap Mikhail Sergeevich Gorbachev, yang lahir pada tanggal 2 Maret 1931 di Desa Provolnoye, Krasnogvardeisky District, Stavropol Territorym, di daerah selatan Republik Rusia. Ia berasal dari keluarga petani. Pengalamannya waktu kecil tentang kekejaman Nazi terus menghantui pikirannya.

Diusianya yang masih 10 tahun, Nazi Jerman menginvasi Uni Soviet. Pengalamannya tentang Great Patriotic War sangat mencekam dalam dirinya. Pada tahun 1944, ayahnya diberitakan meninggal dunia dalam sebuah insiden peperangan di desanya, namun ternyata ayahnya selamat walaupun menderita luka parah.

Kegigihan anak seorang petani Mikhail S. Gorbachev

Mikhail S. Gorbachev

Kehidupan masa kecil Gorbachev dipenuhi oleh kehidupan sosial politik yang tidak menentu akibat invasi Jerman. Pada usia 13 tahun, ia harus bekerja membantu ayahnya bertani. Kegiatan membantu ayahnya dalam bertani itu telah menanamkan pada dirinya bagaimana pertanian yang baik.

Sehingga tidak heran kalau ia mendapatkan penghargaan Orde Banner Merah Tenaga Kerja. Ia mendapatkan penghargaan tersebut di usia 17 tahun dan menjadikannya sebagai penerima penghargaan termuda kala itu.

Pada tahun 1950, Gorbachev lulus SMA. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Moscow. Ketika kuliah di universitas ini ia memperoleh medali perak atas prestasi akademiknya. Ia menempuh pendidikan di bidang hukum dan lulus pada tahun 1955.

Selepas lulus dari Universitas Moskow, ia mengambil kursus pertanian di Institut Pertanian Stavropol dan mendapatkan gelar pertanian pada tahun 1967. Ketika aktif menjadi mahasiswa, ia banyak terlibat dengan gerakan komunis di kampusnya.

Keaktifan Gorbachev dalam partai komunis di Uni Soviet membawanya menjadi seorang yang menempati posisi penting Partai Komunis di Stavropol. Ia diberikan tanggung jawab untuk mengurusi bidang pertanian dan industri, serta terlibat dalam pengelolaan administrasi. Ia terpilih sebagai sekretaris Kralkom Stavropol pada tahun 1970.

Empat tahun kemudian tepatnya tahun 1974, ia diangkat menjadi sekretaris Soviet Agung. Lalu pada tahun 1979, ia diangkat menjadi anggota Politbiro.

Berkat kegigihan, kesetiaan dan dedikasinya Gorbachev terus melonjak naik. Ia menduduki jabatan sekretaris jenderal Partai Komunis Uni Soviet pada tanggal 11 Maret 1985 menggantikan Chernenko yang meninggal.

Jabatan strategisnya di Partai Komunis ini ia manfaatkan dengan merekrut generasi muda yang memiliki progresivitas dalam bergerak. Ia membuat perubahan besar struktur kekuasaannya. Ia terlibat dalam memberantas korupsi, menata organisasi, dan membuang orang-orang yang dianggap tidak kompenten. Salah satu langkah gemilangnya adalah gerakan antialk0h0l untuk mengatasi kemunduran ekonomi di Uni Soviet.

Jabatannya di Partai Komunis membuat Gorbachev semakin akrab dengan banyak pemimpin dunia dari berbagai negara. Dari sinilah, gebrakan dan gerakan politiknya menemukan titik pencerahan. Ia menjadi sosok pemimpin yang dihormati, disegani, dan dikagumi berkat pemikiran serta ide cemerlangnya yang kemudian melahirkan gerakan perestroika dan glasnot.

Related For Kegigihan anak seorang petani Mikhail S. Gorbachev

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori