Sejarah Negara

Website History

Menu

Kehidupan demokrasi negara Indonesia

Desember 17, 2015 | Catatan

Kehidupan demokrasi negara Indonesia – Demokrasi telah lama tumbuh dan berkembang dalam kehidupan bermasyarakat bangsa Indonesia. Hal itu dapat terlihat dalam kehidupan masyarakat desa yang mencerminkan demokrasi secara sederhana, seperti pemilihan kepala desa yang bertentangan dengan kehendak bersama, maka warga akan mengajukan keberatan dengan cara mendatangi kelurahan atau balai desa untuk meminta peninjauan kembali atas peraturan tersebut.

Sejak awal hidup bernegara, kehidupan demokrasi negara Indonesia telah lama dirumuskan dalam UUD 1945 Pasal 1 ayat (2). Oleh karena itu, negara Indonesia dikatakan sebagai negara yang menganut sistem demokrasi.

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos dan cratos (certain). Demos berarti rakyat, dan cratos berarti pemerintah. Jadi, demokrasi berarti pemerintahan rakyat. Dalam hal ini, rakyatlah pemegang kekuasaan tertinggi dalam menyelenggarakan pemerintahan.

Kehidupan demokrasi negara Indonesia

2 pengertian demokrasi menurut para ahli

Kehidupan demokrasi negara Indonesia – Beberapa ahli mengemukakan pendapat tentang pengertian demokrasi sebagai berikut :

  1. Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang menjamin hak untuk membuat keputusan politik, diselenggarakan oleh warga negara melalui wakil yang terpilih dan bertanggung jawab kepada mereka melalui suatu pemilihan umum yang bebas.
  2. Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang di dalamnya rakyat memerintah sendiri, baik melalui partisipasi langsung dalam merumuskan keputusan-keputusan yang memengaruhi mereka, maupun dengan cara memilih wakil-wakil mereka.

Pemerintah dari rakyat berarti pemerintah atau negara merupakan lembaga yang memegang mandat dari rakyat untuk menyelenggarakan pemerintahan. Rakyat adalah pemegang kedaulatan atau kekuasaan tertinggi dalam negara demokrasi. Pemerintah yang telah mendapat mandat dari rakyat untuk memimpin penyelenggaraan negara disebut pemerintah yang sah.

Pemerintah oleh rakyat berarti pemerintahan negara itu dijalankan oleh rakyat, meskipun dalam praktik yang menjalankan penyelenggaraan negara tersebut pemerintah (wakil rakyat). Wakil rakyat inilah yang akan memilih dan menentukan pemerintahan negara, sekaligus yang akan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan. Dengan demikian, rakyat secara tidak langsung melalui wakil-wakilnya membentuk pemerintahan dan mengawasi pemerintahan.

Pemerintahan untuk rakyat berarti pemerintahan yang menghasilkan dan menjalankan kebijaksanaan yang diarahkan untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Pemerintahan untuk rakyat berarti pemerintahan yang dijalankan berdasarkan aspirasi dari rakyat. Pemerintahan untuk rakyat juga berarti pemerintahan demokrasi. Pemerintahan demokrasi muncul dalam negara demokrasi.

Ciri negara demokrasi

Kehidupan demokrasi negara Indonesia – Ciri-ciri suatu negara demokrasi adalah sebagai berikut :

  1. Adanya rasa keamanan, keadilan, ketertiban, kesejahteraan, dan kemerdekaan.
  2. Terdapat kepemimpinan yang terbuka.
  3. Pemerintah yang berdasarkan hukum.

Penerapan demokrasi dalam kehidupan ini harus dilakukan melalui jalur yang benar dan sudah ditentukan. Demokrasi di Indonesia diberikan kepada warga negara Indonesia, dengan wujud diperbolehkannya warga negara untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan atau tulisan. Artinya, bahwa warga negara berhak untuk mengemukakan pendapat dalam musyawarah atau rapat.

Baca juga sejarah demokrasi yang pernah berlaku di negara Indonesia berikut :

Demikian sedikit ulasan mengenai Kehidupan demokrasi negara Indonesia, semoga menjadi catatan sejarah Indonesia khususnya.

Related For Kehidupan demokrasi negara Indonesia