Sejarah Negara

Website History

Menu

Kelompok penduduk Amerika Serikat

Oktober 8, 2013 | Dunia, Negara

Kelompok penduduk Amerika Serikat -Artikel ini adalah kelanjutan dari Tentang negara Amerika Serikat. Namun saya akan menuliskan lebih spesifik hanya pada seputar penduduk Amerika Serikat saja. Penduduk asli Amerika yaitu orang Indian dan orang Eskimo.

  • Orang Indian disebut juga bangsa kulit merah, tetapi warna kulitnya coklat dan mendiami di Amerika  Selatan.
  • Sedangkan orang Eskimo berdiam di pantai Grulandia dan Amerika Utara, di mana corak hidupnya dari berburu anjing laut dan menangkap ikan.

Dalam bermasyarakat bangsa Indian memiliki kasta. Bangsa Indian yang kastanya tinggi-tinggi, yaitu:

  • Indian Artek di Mexico, membuat kuil-kuil baru dan lain-lain.
  • Indian Inca di Peru, membuat bangunan irigasi dan lain-lain.

Bahasa resmi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari penduduk Amerika Utara adalah Bahasa Inggris “Anglo Amerika“, yang umumnya didiami oleh bangsa Inggris, Jerman, dan Prancis. Sedangkan Amerika Selatan yang berpenduduk bangsa Spanyol dan Portugis menggunakan bahasa “Latin Amerika” atau “Amerika Latin”.

Untuk mencegah hilangnya bangsa Indian, mereka membuat pemukiman yang disebut Reservations. Bangsa campuran antara bangsa Indian dan Spanyol atau Portugis dinamakan Bangsa Mestis.

Dengan terjadinya percampuran antara penduduk asli dan pendatang, maka menimbulkan beberapa jenis penduduk di Amerika, yaitu :

  1. bangsa kulit putih
  2. bangsa Indian
  3. bangsa Negro
  4. bangsa Mestis (campuran antara Indian dan kulit putih)
  5. bangsa Zambo (campuran antara Indian dan Negro)
  6. bangsa Mulat (campuran antara Negro dan kulit putih)

Penduduk USA dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu : Penduduk asli, orang kulit putih dan orang Negro. Penduduk asli adalah orang-orang Indian atau bangsa berkulit merah. Di Alaska orang Indian disamakan haknya dengan warga negara lain.

Orang kulit putih di Amerika hampir 90% dari jumlah penduduk USA. Imigran Eropa ke Amerika sekitar tahun 1820 – 1950 hampir 40 juta jiwa. Agama terbesar yang dianut penduduk yaitu agama Protestan. Orang Amerika disebut Yankee karena pembauran bahasa, agama dan adat istiadat.

Sedangkan orang Negro berasal dari Afrika yang dibawa ke Amerika sebagai budak belian pada tahun 1800 Masehi. Jumlahnya sekitar 10% dari seluruh jumlah penduduk Amerika. The Black Belt adalah tempat orang-orang Negro di daerah pesisir Teluk Mexico. Color Line atau Color Bar adalah garis batas antara golongan kulit putih dan golongan bangsa Negro (kulit hitam).

Baca juga hal yang berkaitan dengan Amerika serikat berikut :

Ku Klu Klan adalah organisasi kulit putih yang sangat memusuhi golongan Negro. Pada tanggal 17 Mei 1954 Mahkamah Tinggi Amerika Serikat telah melarang pembedaan warna kulit di sekolah-sekolah.

Related For Kelompok penduduk Amerika Serikat