Sejarah Negara

Website History

Menu

Kerja sama ekonomi, politik, dan sosial Indonesia dengan dunia internasional

Oktober 31, 2014 | Modern

Kerja sama ekonomi, politik, dan sosial Indonesia dengan dunia internasional – Ikut melaksanakan ketertiban dunia merupakan salah satu tujuan negara. Pernyataan tersebut tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV. Berdasarkan tujuan tersebut, bangsa Indonesia berperan aktif untuk menjalin hubungan dengan bangsa lain.

Berbagai bidang kerja sama dilakukan dalam bentuk bilateral, regional, maupun multilateral. Bentuk kerja sama bilateral adalah kerja sama yang dilakukan antara 2 negara. Bentuk kerja sama regional dilakukan antara Indonesia dengan negara-negara dalam satu kawasan. Bentuk kerja sama multilateral dilakukan dalam wadah organisasi internasional maupun menjalin kerja sama dengan organisasi internasional.

Kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain atau organisasi internasional meliputi banyak bidang, antara lain sebagai berikut :

1. Ekonomi

Kerja sama di bidang ekonomi dilakukan Indonesia dalam bentuk kerja sama bilateral, regional, maupun multilateral. Kerja sama bilateral dilakukan dengan semua negara, seperti kerja sama ekonomi dengan Malaysia, Australia, dan sebagainya.

Kerja sama regional dilakukan Indonesia dalam organisasi kawasan, seperti :

a. ASEAN (Association of South East Asian Nations), merupakan kerja sama antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

b. AFTA (ASEAN Free Trade Area), merupakan kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk menciptakan wilayah perdagangan bebas.

c. APEC (Asia Pasific Economics Cooperation), yaitu kerja sama ekonomi diantara negara-negara di Benua Asia dan negara-negara yang terletak di sepanjang Samudra Pasifik.

Sedangkan kerja sama multilateral dilakukan Indonesia dalam 2 bentuk, yaitu :

a. Kerja sama bidang ekonomi yang dilakukan Indonesia dalam wadah organisasi kerja sama internasional, misalnya :

– OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries), yaitu kerja sama ekonomi antara negara-negara pengekspor minyak bumi.

– WTO (World Trade Organization), yaitu kerja sama perdagangan antara negara-negara di dunia.

– FAO (Food and Agriculture Organization), yaitu organisasi PBB yang mengurusi masalah pangan dan pertanian.

b. Indonesia melakukan kerja sama dengan organisasi ekonomi, seperti kerja sama antara Indonesia dengan NAFTA, dan sebagainya.

2. Politik

Di bidang politik, Indonesia berusaha menjalin kerja sama dengan negara lain. Bentuk kerja sama tersebut adalah kerja sama bilateral, regional, maupun internasional. Salah satu bentuk kerja sama politik dilakukan dengan menempatkan duta besar di negara lain dan menerima duta besar dari negara lain.

3. Sosial

Permasalahan sosial yang terjadi di suatu negara dapat dirasakan akibatnya oleh negara yang bersangkutan dan negara tetangga. Misalnya kurangnya lapangan kerja di Indonesia, menyebabkan banyak tenaga kerja Indonesia mencari lapangan kerja di Malaysia, Hongkong, Arab Saudi dan sebagainya.

Permasalahan yang dapat terjadi adalah munculnya tenaga kerja ilegal. Tenaga kerja ini adakalanya tidak hanya berdampak pada negara yang bersangkutan. Kerja sama yang kemudian terjalin adalah membuat peraturan bersama yang mengatur masalah tenaga kerja.

Related For Kerja sama ekonomi, politik, dan sosial Indonesia dengan dunia internasional