Sejarah Negara

Website History

Menu

Keruntuhan Kerajaan Majapahit

November 9, 2015 | Kerajaan

Keruntuhan Kerajaan Majapahit – Seperti yang telah kita ketahui sebagai manusia, bahwa tak ada yang abadi di dunia ini, semua akan kembali. Betapapun kuatnya, betapapun hebatnya kerajaan maka akan mengalami masa kemunduran yang akhirnya hancur. Dari yang ada menjadi tidak ada, dari yang timbul menjadi tenggelam.

Begitu pula kerajaan Majapahit yang terkenal dengan luas kekuasaannya yang melebihi nusantara, dengan masa puncak kejayaan ketika di bawah pemerintahan Hayam Wuruk dan Mahapatihnya Gajah Mada. Di antara abad ke 14-15, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran yang akhirnya mengalami keruntuhan.

Keruntuhan Kerajaan Majapahit disebabkan hal-hal sebagai berikut :

1. Wafatnya Hayam Wuruk tahun 1389 dan Gajah Mada tahun 1364, dan tidak adanya tokoh pengganti yang cakap dan berwibawa.

2. Terjadinya Perang Paregrek tahun 1401 – 1406 yang terjadi antara Bhre Wirabhumi dengan Wikramawardhana telah melemahkan Majapahit.

3. Negara-negara bawahan Majapahit banyak yang berusaha melepaskan diri.

4. Agama Islam mulai berkembang di kawasan pesisir pantai utara Pulau Jawa, sehingga banyak masyarakat yang kemudian mengikuti para penguasa Islam.

Silsilah Hayam Wuruk

Di sini Sejarah Negara menyertakan pula silsilah raja Hayam Wuruk yang berhasil membawa Majapahit gemilang mencapi puncak kejayaannya.

Silsilah raja Hayam Wuruk

Silsilah raja Hayam Wuruk

Silahkan baca dalam versi Bahasa Inggrisnya di History article : The fall of Majapahit Kingdom

Demikianlah kebesaran Majapahit yang akhirnya mengalami kehancuran pula.

Related For Keruntuhan Kerajaan Majapahit