Sejarah Negara

Website History

Menu

Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah

Desember 1, 2015 | Catatan

Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah – Periodisasi berarti tingkat perkembangan masa atau pembabakan suatu masa. Periodisasi  dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah. Pembabakan dilakukan karena rentang waktu atau masa sejak manusia ada hingga sekarang merupakan rentang yang sangat panjang, sehingga para ahli atau sejarawan mengalami kesulitan untuk memahami maupun membahas masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia.

Untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia, para ahli menyusun suatu periodisasi-periodisasi atau pembabakan-pembabakan masa sejarah.

Periodisasi   dalam sejarah dilakukan oleh masyarakat, bangsa atau negara di seluruh dunia. Periodisasi sejarah juga dilakukan, karena setiap periode sejarah terdapat rangkaian-rangkaian peristiwa atau kejadian dengan jumlah yang sangat banyak

Salah satu contohnya adalah periodisasi sejarah Eropa hingga sekarang. Untuk mempermudah pemahaman sejarah Eropa secara utuh, maka dilakukan pembabakan atau periodisasi masa. Eropa dengan fokus pembahasan masing-masing periode mempunyai ciri-ciri tersendiri.

Sementara itu, periodisasi sejarah Indonesia tidak dapat disamakan dengan Eropa, meskipun di beberapa sisi ada yang memiliki kesamaan. Oleh karena itu, kita bisa lihat dan pahami periodisasi tentang sejarah Indonesia hingga sekarang ini.

Contoh-contoh periodisasi di atas hanyalah merupakan garis-garis besar suatu masa atau zaman, sehingga masing-masing periodisasi tersebut masih dapat dikelompokkan dalam periodisasi-periodisasi yang lebih kecil lagi.

Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah

Periodisasi sejarah Eropa

1. Eropa Purba

Pembahasan sejarah terfokus pada kehidupan dan perkembangan jenis-jenis manusia purba di eropa, seperti Homo neanderthalensis (di Jerman), Cromagnon (di Prancis), Piltdown dan manusia Sussex (Inggris) dan lain sebagainya.

Selengkapnya bisa anda baca pada artikel sejarah : Manusia purba jaman prasejarah

2. Eropa Kuno

Pada periode ini pembahasan sejarah terfokus pada asal mula muncul dan perkembangan peradaban Eropa kuno dengan fokus pembahasannya pada peradaban Yunani dan Romawi.

Selengkapnya silahkan baca :

Peradaban Yunani Kuno 

Dongeng Kota Roma Romawi Kuno

3. Eropa abad pertengahan

Pembahasan sejarah terfokus pada keadaan Eropa setelah runtuhnya Romawi. Bahkan periode ini sering dikenal sebagai zaman kegelapan di Eropa dan juga besarnya pengaruh gereja di segala bidang kehidupan masyarakat Eropa kala itu.

Silahkan baca : Perang saudara di Romawi

4. Eropa zaman renaisans dan humanisme

Masyarakat Eropa mulai menemukan jati dirinya dan tata cara kehidupan masyarakat Eropa semasa Yunani dan Romawi. Hak-hak asasi manusia mendapat perhatian khusus sehingga tindakan sewenang-wenang terhadap kehidupan manusia mulai terhindarkan.

Selengkapnya baca :

5. Eropa Baru

Berbagai kemajuan yang dicapai bangsa-bangsa Eropa setelah Revolusi Industri.

Selengkapnya baca : Latar belakang timbulnya revolusi industri

6. Eropa Modern

Berkembang sejak berakhirnya Perang Dunia II hingga sekarang ini.

Selengkapnya baca : Perang Dunia II di daratan Eropa

Demikian pembahasan mengenai Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah, semoga menjadi catatan sejarah dunia.

Related For Konsep periodisasi dalam ilmu sejarah

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori