Sejarah Negara

Website History

Menu

KTT ASEAN 2

April 17, 2013 | Asean

KTT ASEAN 2 – Setelah sukses dengan KTT ASEAN 1, maka pada tanggal 4-5 Agustus 1977 KTT ASEAN kedua pun dilangsungkan. Kegiatan ini diselenggarakan di Kualalumpur-Malaysia, dan dihadiri oleh:

  1. Presiden Soeharto dari Indonesia
  2. Perdana Menteri Datuk Hussein Onn dari Malaysia
  3. Perdana Menteri Lee Kuan Yew dari Singapura
  4. Presiden Ferdinand Marcos dari Filipina
  5. Perdana Menteri Thanin Kraivichen dari Thailand

Dalam KTT 2 ini dihasilkan beberapa pokok keputusan yang cukup penting, yaitu:

  1. Memberi kesempatan bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk menentukan garisnya sendiri tanpa campur tangan kekuatan-kekuatan dari luar.
  2. Menekankan kembali keinginan negara-negara ASEAN untuk mengembangkan hubungan damai dan saling menguntungkan dengan semua negara di Asia Tenggara, termasuk Laos, Kamboja, Vietnam.
  3. Terus memperjuangkan wilayah Asia Tenggara sebagai daerah damai, bebas dan netral.
  4. Meningkatkan kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Di samping itu, KTT ASEAN 2 juga diadakan dialog dengan negara-negara sahabat, yakni Jepang, Australia dan Selandia Baru. Pembicaraan ditekankan pada persoalan kerja sama dibidang ekonomi.

KTT ASEAN 2 – Kemudian peristiwa lain yang cukup penting artinya adalah pertemuan antara menteri-menteri luar negeri negara-negara ASEAN dengan Presiden Soeharto dan Presiden Ronald Reagan (Amerika Serikat) di Bali. Pertemuan itu mulai sejak tanggal 31 April sampai tanggal 2 Mei 1986. Pertemuan ini dihadiri Presiden Soeharto sebagai tuan rumah, Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan dan menteri-menteri luar negeri, yaitu:

  1. Indonesia : Mochtar Kusumaatmaja
  2. Singapura : S. Dhanabalan
  3. Malaysia : Ahmad Rittaudeen
  4. Filipina : Salvador Laurel
  5. Thailand : Siddhi Savestsila
  6. Brunai : Pangeran Bolkiah
  7. Amerika Serikat : George Shultz

Pembicaraan antara ASEAN dengan Amerika Serikat di pusatkan pada persoalan ekonomi terutama yang menyangkut politik proteksionisme.

Pertemuan-pertemuan antara ASEAN dengan negara-negara Jepang, Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat ini memberi arti yang sangat penting bagi organisasi ASEAN. Hal itu menunjukkan bahwa ASEAN sebagai organisasi regional yang semakin terkenal di dunia. Apalagi dilihat dari kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh negara-negara ASEAN itu.

Related For KTT ASEAN 2