Sejarah Negara

Website History

Menu

Lahirnya Komisi Yudisial

Maret 17, 2016 | Nasional

Lahirnya Komisi Yudisial – Komisi Yudisial juga merupakan lembaga baru yang timbul setelah masa reformasi. Lembaga ini merupakan sebuah lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengusulkan pengangkatan hakim agung dan wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan keluhuran martabat, serta perilaku para hakim.

Komisi yudisial lahir di era reformasi dan terbentuk pada tanggal 2 Agustus 2005. Pembentukannya di dorong oleh adanya desakan reformasi peradilan untuk mewujudkan peradilan yang jujur, bersih, transparan, dan profesional.

Dalam menanggapi tuntutan reformasi peradilan, pada sidang tahunan MPR tahun 2001 diadakan pembahasan amandemen ketiga UUD 1945. Dalam pembahasan tersebut dicapai kesepakatan di antaranya tentang perubahan dan penambahan pasal yang berkenaan dengan kekuasaan kehakiman, termasuk di dalamnya Komisi Yudisial.

Hasil amandemen tersebut menghasilkan pasal 24 B tentang Komisi Yudisial. Berdasarkan amandemen ketiga itu, kemudian disusun UU No.22 Tahun 2004 tentang Komisi Yudisial yang disahkan di Jakarta tanggal 13 Agustus tahun 2004.

Lahirnya Komisi Yudisial

Tugas Komisi Yudisial

Tugas utama komisi Yudisial adalah sebagai berikut :

1. Mengusulkan pengangkatan hakim agung dengan tugas utama sebagai berikut :

  • Melakukan pendaftaran calon hakim agung.
  • Melakukan seleksi terhadap calon hakim agung.
  • Menetapkan calon hakim agung, dan
  • Mengajukan calon Hakim Agung ke DPR

2. Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat serta perilaku para hakim dengan tugas utamanya sebagai berikut :

  • Menerima laporan pengaduan masyarakat tentang perilaku hakim.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap dugaan pelanggaran perilaku hakim.
  • Membuat laporan hasil pemeriksaan berupa rekomendasi yang disampaikan kepada Mahkamah Agung dan tindakannya disampaikan kepada presiden dan DPR.

Baca juga lembaga lain yang lahir di era reformasi berikut :

  1. Lahirnya HAM dan Mahkamah konstitusi
  2. Lahirnya Komisi Pemberantasan Korupsi KPK
  3. Lahirnya Dewan Perwakilan Daerah DPD

Keanggotaan Komisi Yudisial berasal dari para akademis hukum, praktisi hukum, mantan hakim, dan unsur masyarakat. Anggota Komisi Yudisial terdiri dari tujuh orang komisioner dengan masa jabatan selama masa lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali. Setelah melalui proses seleksi dan pemilihan di DPR terpilih Busro Moqodas sebagai ketua Komisi Yudisial pertama dengan masa jabatan tahun 2005-2010.

Related For Lahirnya Komisi Yudisial