Sejarah Negara

Website History

Menu

Mo Yan seorang sastrawan Cina

November 16, 2014 | Biografi

Mo Yan seorang sastrawan Cina – Mo Yan atau yang memiliki nama asli Guan Moye, lahir pada tanggal 17 Pebruari 1955. Ia dibesarkan di Gaomi, Provinsi Shandong, di Timur Laut Cina. Ia memilih menggunakan nama samaran Mo Yan yang dalam bahasa Mandarin berarti tidak bicara, sejak novel pertamanya karena khawatir karya-karyanya sulit diterima di daratan Cina.

Mo Yan hidup dalam kemiskinan. Orang tuanya hanyalah seorang petani. Setelah terpaksa putus sekolah saat sekolah dasarnya ditutup karena kekacauan politik, ia bekerja menggembalakan ternak. Bahkan saat benar-benar tidak mampu membeli apa-apa ia harus memakan kulit pohon dan gulma untuk bertahan hidup pada masa Revolusi Kebudayaan di Cina. Ia juga sempat bekerja di pabrik untuk bertahan hidup. Ia menjalani kehidupan pahit dan getir itu selama dua belas tahun.

Mo Yan seorang sastrawan Cina

Mo Yan

Pada tahun 1976, Mo Yan bergabung dengan Tentara Pembebasan Rakyat, dan selama waktu itu ia mulai belajar sastra serta menulis. Ia menghasilkan karya di jurnal sastra pada tahun 1981. Mo Yan dikenal banyak orang lewat novel Touming de hong Luobo (1986). Novel ini diterbitkan dalam bahasa Prancis dengan judul Le Radis de Cristal pada tahun 1993.

Kegetiran hidupnya mengispirasi Mo Yan untuk melakukan kontemplasi dan berkarya. Melalui karya-karyanya, ia banyak menyinggung pengalaman hidupnya. Ia berhasil memadukan fantasi dan kenyataan, sekaligus perspektif sejarah dan sosial.

Mo Yan mulai menulis sejak di usia 31 tahun saat menjadi tentara aktif dan mulai mengajar sastra untuk sekolah militer di usia 34 tahun. Ia pun berhasil menerbitakan beberapa karya. Novel pertama Mo Yan berjudul Anggur Merah yang terbit pada tahun 1987. Novel Anggur Merah berkisah tentang kampung halamannya, Shangdong saat perang Cina- Jepang pada tahun 1937 sampai 1945.

Novel kedua Mo Yan berjudul The Garlic Ballads, terbit pada tahun 1995. Selain itu, ia telah menulis dua kumpulan cerita pendek, Explosions and Other Stories dan Shifu; You’ll Do Anyting for a Laugh (2002).

Baca juga : Mo Yan dalam Big Breasts and Wide Hips

Novel-novelnya yang lain adalah The Republic of Wine; A Novel (1992 dalam bahasa Cina, 2000 dalam Bahasa Inggris), Big Breasts and Wide Hips (1996 dalam Bahasa Cina, 2005 dalam Bahasa Inggris), serta Life and Death Are Wearing Me Out (2008, dalam Bahasa Inggris).

Related For Mo Yan seorang sastrawan Cina