Sejarah Negara

Website History

Menu

Negara Tovalu di kawasan Pasifik Tengah

Juni 18, 2016 | Dunia, Negara

Negara Tovalu merupakan deretan pulau karang yang terletak di kawasan Pasifik Tengah, agak di selatan khatulistiwa,, sebelah barat Garis Batas Tanggal Internasional; terletak sekitar 1000 km dari Kepulauan Fiji, 4000 km dari Sydney, Australia. Ibu kotanya Funafuti, yang merupakan kota terbesar setelah Suva.

Negara terkecil kedua setelah Vatikan ini luasnya 26 km persegi dengan mayoritas penduduk bermukim di Pulau Funafuti. Sebagian besar penduduk tergolong suku bangsa Polynesia.

Tovalu merupakan monarki konstitusional, dan anggota perserikatan negara persemakmuran Inggris. Ratu Inggris diwakili seorang gubernur jenderal di kawasan tersebut. Mayoritas penduduk beragama Kristen Protestan, sedangkan mata uang yang digunakan dolar Australia.

Menurut penilaian PBB, Tovalu termasuk salah satu negara yang paling kurang berkembang. Pembangunan hanya dimungkinkan dengan dana bantuan dari luar negeri. Semua milik pemerintah, negara maupun kekayaan pribadi penduduknya sangat sederhana menurut ukuran normal, tetapi tidak melarat.

Dari pantauan google map seperti tampak pada peta di bawah ini:

Tuvalu map

Tuvalu merupakan sebuah negara kepulauan terpencil dan terkecil didunia setelah Vatikan.

Sampai sekarang negara Tuvalu disinggahi wisatawan yang ingin menjauhkan diri dari kesibukan dunia modern dan ingin menyendiri di alam bebas. Fasilitas penginapan, makan dan angkutan terbatas dan sederhana, dan mungkin televisi maupun koneksi internet juga belum terjangkau.

Related For Negara Tovalu di kawasan Pasifik Tengah