Sejarah Negara

Website History

Menu

Nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa Austronesia

September 17, 2014 | Prasejarah

Prasejarah, Nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa Austronesia – Hasil berbagai penyelidikan sejarah purba, terutama yang dilakukan oleh sejarawan Van Heine Geldern dari Belanda menerangkan bahwa sejak tahun 2000 SM sampai dengan tahun 500 SM mengalirlah gelombang perpindahan penduduk dari Asia ke pulau-pulau di sebelah selatan daratan Asia. Pulau-pulau di sebelah selatan Asia disebut Austronesia. Austro artinya selatan, dan nesos artinya pulau.

Bangsa-bangsa yang mendiami daerah Austronesia disebut bangsa Austronesia. Bangsa ini menempati wilayah yang sangat luas, meliputi pulau-pulau yang membentang dari Madagaskar (sebelah barat) sampai ke pulau Paskah (sebelah timur) dan Taiwan (sebelah utara), sampai Selandia Baru (sebelah selatan).

Pendapat Van Heine Geldern tersebut diperkuat dengan penemuan peralatan manusia purba berupa beliung batu yang berbentuk persegi di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi bagian barat. Beliung sejenis itu di Asia banyak ditemukan di Malaysia, Burma, Vietnam, dan Kamboja terutama di wilayah Yunan.

Perpindahan penduduk gelombang kedua terjadi pada tahun 400 – 300 SM bersamaan dengan zaman perunggu. Perpindahan ini membawa kebudayaan perunggu, seperti kapak sepatu dan nekara yang berasal dari daerah Dongson. Oleh karena itu, kebudayaan perunggu di Indonesia disebut kebudayaan Dongson.

Penjelasan mengenai peninggalan kebudayaan Dongson baca selengkapnya di artikel : Peninggalan kebudayan zaman Dongson

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah orang-orang Austronesia yang telah menetap di Yunan. Pendapat demikian juga pernah dikemukakan oleh H. Kern pada tahun 1899 melalui penelitiannya mengenai bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Johan Hendrik Caspar Kern

Johan Hendrik Caspar Kern sang peneliti bahasa daerah dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahasa daerah tersebut dahulunya berasal dari satu bahasa yang disebut bahasa Austronesia.

Penjelasan lainnya mengenai bangsa Indonesia bisa di baca di artikel Asal-usul bangsa Indonesia

Related For Nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa Austronesia