Sejarah Negara

Website History

Menu

Pemanfaatan iklim bagi kesejahteraan manusia Indonesia

Mei 23, 2015 | Geografi

Pemanfaatan iklim bagi kesejahteraan manusia Indonesia

Pemanfaatan iklim dalam bidang pertanian

Pada artikel geografi sebelumnya (baca : Tipe iklim dan bentang budaya Indonesia) telah dijelaskan bahwa iklim (di samping topografi dan jenis tanah) sangat berpengaruh terhadap habitat tumbuh-tumbuhan. Daerah di Indonesia yang beriklim Af, Aw, Am, dan Cw telah banyak diubah menjadi daerah pertanian terutama di daerah-daerah yang padat penduduknya.

Indonesia mendapatkan keuntungan dari iklim ini, karena berbagai bentuk usaha pertanian dapat dilakukan walau tanpa teknologi yang terlalu tinggi. Lebih-lebih lagi sampai sekarang Indonesia masih merupakan negara agraris. Modernisasi usaha pertanian banyak ditunjang oleh iklim ini, misalnya dimungkinkannya dibuat bendungan untuk usaha pertanian, perikanan, tenaga listrik dan lain sebagainya.

Silahkan baca selengkapnya di artikel : 6 jenis danau dan 10 danau terluas di Indonesia

Hal ini dimungkinkan karena Indonesia beriklim basah, lebih-lebih karena suhu selalu tinggi Indonesia tidak mengalami kesukaran, karena tidak pernah terjadi masa beku.

Pemanfaatan iklim bagi perhubungan

Iklim Indonesia yang tropik basah ini menguntungkan bagi beberapa daerah yang mengandalkan sungai sebagai alat transportasi. Sungai-sungai yang besar seperti di Kalimantan penting artinya sebagai penghubung pantai dan pedalaman serta pengangkutan hasil hutan, karena masih kurangnya jalan-jalan raya.

Hubungan tidak pernah terputus karena hujan cukup, sehingga sungai tidak pernah kering. Dalam hubungan udara, Indonesia jarang sekali diganggu oleh angin taifun yang membahayakan penerbangan, karena taifun melanda daerah di luar Indonesia, seperti Australia bagian utara dan Filipina.

Hubungan laut juga jarang sekali terganggu, karena jarang terjadi badai yang dahsyat, dan karena iklim di Indonesia tropik, maka perairan Indonesia tidak pernah diganggu oleh gunung-gunung es.

Pemanfaatan lapisan udara bagian atas untuk telekomunikasi

Dalam masa teknologi seperti sekarang ini, manusia telah menjelajahi angkasa raya, lapisan udara bagian atas telah banyak memberi kemudahan dalam komunikasi antar daerah bahkan antar benua (baca kembali : Sejarah peluncuran Satelit Palapa dan manfaatnya).

Manusia juga telah dengan mudah mengetahui apa yang terjadi di atas permukaan bumi, misalnya satelit cuaca mengirimkan gambar tentang badai dan sebagainya.

Demikian sekilas tentang Pemanfaatan iklim bagi kesejahteraan manusia Indonesia, semoga menjadi tambahan pengetahuan.

Related For Pemanfaatan iklim bagi kesejahteraan manusia Indonesia