Sejarah Negara

Website History

Menu

Pemurnian kilang minyak pertama di dunia

November 8, 2013 | Catatan

Pemurnian kilang minyak pertama di dunia – Setelah para pemburu minyak bumi menemukan tempat-tempat pengeboran, selanjutnya mereka membangun kilang-kilang pemurnian di mana unsur minyak mentah yang bermacam-macam tersebut bisa diuraikan. Proses dasarnya adalah penyulingan dan ini sampai sekarang masih dipergunakan.

Minyak bumi mentah dimasak dengan panas yang sangat tinggi dalam tungku khusus, lalu uap yang terjadi didinginkan pada suhu yang berbeda-beda. Dengan begitu unsur-unsur tersebut dapat dipisahkan satu sama lain dengan mudah.

Bertahun-tahun lamanya, produk utama dari kilang yang pertama hanyalah dipergunakan untuk lampu. Inggris adalah salah satu negara tempat pemasaran minyak lampu Amerika. Dengan kereta berkuda yang dimuati tangki minyak, agen-agen perusahaan keluar masuk jalan-jalan di London dan kota-kota besar lainnya. Serta menjajakan minyak tersebut pergalon.

Kilang minyak pertama di dunia

Kilang minyak pertama di dunia

Pada tahun 1900 minyak lampu sudah begitu terkenal, sehingga ke Inggris saja sudah dijual 100.000 galon pertahun.

Kemudian dari penyulingan minyak mentah dihasilkan pula cairan lain yang lebih mudah terbakar. Kadang-kadang pemisahan cairan ini dengan minyak lampu tidak sempurna, sehingga bila dipakai lampu akan meledak.

Oleh karena itu untuk membebaskan minyak lampu dari cairan yang berbahaya ini, maka cairan ini diletakkan di bejana terbuka dan dibakar. Unsur ini ternyata adalah bensin yang mana pada waktu itu tak ada nilainya.

Related For Pemurnian kilang minyak pertama di dunia