Sejarah Negara

Website History

Menu

Penemuan internet di Amerika Serikat

Maret 19, 2016 | Teknologi

Penemuan internet di Amerika Serikat – Selama Perang Dunia II dan Perang Dingin komunikasi dan informasi memegang peranan yang amat penting. Teknologi komunikasi dikuasai dan digunakan oleh dua blok yang saling bertentangan untuk memata-matai kekuatan lawan.

Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu lebih difokuskan hanya pada bidang pertahanan dan keamanan masing-masing pihak negara. Berbagai satelit pemantau diciptakan oleh masing-masing pihak untuk memata-matai lawannya.

Ketertinggalan Amerika Serikat dari Uni Soviet dalam teknologi ruang angkasa mendorong pemerintah AS menjalankan sebuah program kilat guna mengejar ketertinggalannya. Berdasarkan persetujuan Kongres, Pemerintah AS kemudian mendirikan Advance Research Project Agency atau disingkat ARPA.

Proyek ini kemudian dipecah menjadi dua, yaitu NASA dan ARPANET. NASA mendalami studi ruang angkasa, sedangkan ARPANET di bawah Departemen Pertahanan (DARPA = Defence Advance Research Project Agency) mempromosikan ilmu komputer dan pemrosesan informasi. Pemrosesan informasi saat itu merupakan bidang yang sama sekali baru.

ARPANET kemudian mengembangkan prototip internet. Pada tahun 1969, ARPANET merasa perlu memperkenalkan temuan-temuannya. Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun sistem jaringan melalui hubungan antarkomputer di daerah-daerah tertentu.

Penemuan internet di Amerika Serikat

Salah satu yang terkenal adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan Departemen Pertahanan AS dengan peneliti di beberapa universitas di AS.

Pada awalnya ARPANET hanya menghubungkan tiga buah komputer di Utah. Dalam beberapa tahun kemudian proyek ini berkembang ke seluruh negara bagianb. Selain itu, semua perguruan tinggi di Amerika Serikat akhirnya tergabung dengan ARPANET.

Karena perkembangannya sangat pesat maka ARPANET kemudian dipecah menjadi dua bagian, yaitu Milnet digunakan khusus untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk keperluan nonmiliter, khususnya perguruan tinggi.

Kedua jaringan itu kemudian digabungkan dengan nama Darpa Internet dan akhirnya cukup dikenal dengan sebutan Internet. Internet singkatan dari Interconennected Network, merupakan jaringan komputer yang terdiri dari banyak jaringan komputer independen yang dihubungkan satu dengan lainnya.

Internet merupakan jaringan global yang terdiri atas jutaan komputer, termasuk di dalamnya jaringan-jaringan lokal yang terhubungkan melalui saluran (satelit, telepon, dan kabel) yang jangkauannya mencakup seluruh dunia.

Sejak tahun 1990-an, internet mulai digunakan secara komersial. Sistem internet saling silang dengan bantuan saluran telepon dan modern, sehingga internet diibaratkan sebagai jalan tingkat tinggi (superhighway). Selain itu, internet juga disebut cyberspace, karena memiliki jaringan komunikasi ibarat dunia maya.

Sebagai temuan iptek, internet telah membuat dunia informasi menemukan jalannya. Internet banyak memiliki keunggulan, terutama dari segi efisiensi biaya dan efektivitas penyampaian pesan yang cepat, serta menembus ruang sekaligus waktu.

Kehadiran internet telah menghasilkan berbagai kemudahan dalam mengatasi permasalahan geografis, sehingga berbagai aktivitas manusia tidak terhalang oleh jarak, ruang, dan waktu. Tidak seperti penemuan-penemuan sebelumnya, internet dianggap sebagai penemuan besar yang mengubah dunia dari yang bersifat lokal menjadi global. Dari internet sumber-sumber informasi dunia yang amat luas dapat diakses.

Demikian sekilas tentang Penemuan internet di Amerika Serikat, semoga menjadi catatan sejarah teknologi dunia.

Related For Penemuan internet di Amerika Serikat