Sejarah Negara

Website History

Menu

Pengaruh Revolusi Amerika bagi Indonesia

April 21, 2014 | Dunia, Negara

Pengaruh Revolusi Amerika bagi Indonesia – Meletusnya Revolusi Amerika telah menyadarkan bangsa Indonesia bahwa rakyat Indonesia saat itu sedang terjajah oleh bangsa asing. Hal itulah yang melahirkan berbagai perlawanan terhadap penjajah baik secara fisik bersenjata maupun perlawanan dengan menggunakan organisasi modern.

Munculnya golongan terpelajar dan semakin luasnya hubungan antarbangsa, khususnya setelah dibukanya Terusan Suez, dan telah membuka kesadaran akan perlunya hak asasi manusia.

Kaum terpelajar berkesimpulan bahwa untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia tidak mungkin diperoleh dari tangan penjajah, harus diperjuangkan dengan kekuatan sendiri.

Anggapan tersebut diyakini oleh organisasi-organisasi pergerakan nasional seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partai, Perhimpunan Indonesia, dan PNI.

Apabila dibandingkan antara Revolusi Amerika Serikat dan Indonesia, keduanya sama-sama merupakan daerah koloni dan mengalami penindasan yang dilakukan oleh negara induk. Amerika Serikat oleh Inggris dan Indonesia oleh Belanda.

Deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat ternyata memberikan motivasi terhadap pergerakan nasional di Indonesia. Misalnya dapat dilihat pada pengajuan Petisi Sutarjo (baca di artikel : Perjuangan secara kooperasi). Petisi itu menuntut supaya Indonesia diberi pemerintahan sendiri.

Selanjutnya : Peristiwa The Boston Tea Party

Related For Pengaruh Revolusi Amerika bagi Indonesia