Sejarah Negara

Website History

Menu

Pengertian budaya politik menurut 6 ahli

April 30, 2014 | Nasional

Pengertian budaya politik menurut 6 ahli – Politik tidak terlepas dengan budaya politik, karena adanya kemajemukan dalam masyarakat dan perkembangan ke arah yang lebih stabil. Budaya yang dimaksudkan adalah pola tingkah laku individu beserta orientasinya terhadap kehidupan politik yang diberikan oleh anggota-anggotanya dari suatu sistem politik.

Berikut ini beberapa pendapat para ahli tentang budaya politik :

1. Sidney Verba

Budaya politik adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi di mana tindakan politik dilakukan.

2. Allan R. Ball

Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri atas sikap, kepercayaan, emosi, dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dilakukan.

3. Austin Ranney

Budaya politik adalah seperangkat pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama; pola orientasi terhadap objek-objek politik.

4. Samuel Beer

Budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang harus dilakukan oleh pemerintah.

5. Almond dan Verba

Budaya politik adalah suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara yang ada di dalam sistem itu.

6. Rusadi Sumintaputra

Budaya politik adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

Dengan memahami pengertian budaya politik, kita dapat memperoleh 2 manfaat, yaitu :

1. Sikap warga negara terhadap sistem politik akan mempengaruhi tuntutan, tanggapan, dukungan, serta orientasinya terhadap sistem politik itu.

2. Hubungan antara budaya politik dan sistem politik atau faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya pergeseran politik dapat dimengerti.

Selanjutnya : 4 ciri budaya politik

Related For Pengertian budaya politik menurut 6 ahli