Sejarah Negara

Website History

Menu

Pengertian sejarah menurut para ahli dari Indonesia

November 30, 2015 | Catatan

Pengertian sejarah pengertian sejarah menurut para ahli – Jika kita berbicara mengenai sejarah tentunya pandangan kita tak luput dari masa lalu. Sejarah bukanlah sesuatu yang asing bagi kita bangsa Indonesia. Namun demikian, masih banyak di antara kita yang belum mengetahui apa sebenarnya sejarah. Apa tujuan belajar sejarah, dan apa manfaat belajar sejarah.

Ilmu pengetahuan khususnya sejarah merupakan hal yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Rasanya tak ada bangsa di dunia ini yang tidak mengenal sejarah, meskipun tidak semuanya memahami bagaimana kehidupan bangsa  atau masyarakatnya yang telah lampau. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya peninggalan-peninggalan terutama yang tertulis oleh nenek moyang mereka hingga bisa dipahami oleh generasi selanjutnya.

Sejarah merupakan suatu pengetahuan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan mempelajari ilmu sejarah kita akan mendapatkan gambaran bagaimana kehidupan bangsa masa lalu beserta peristiwa-peristiwa yang terjadi yang dapat dipastikan menjadi suatu pedoman dalam kehidupan bermasyarakat di masa mendatang.

Bagan sejarah

Bagan sejarah

Bagan sejarah

Arti sejarah dalam berbagai bahasa

Menurut para ahli, kata “sejarah” berasal dari bahasa Arab syajaratun yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab, sejarah mirip artinya dengan sebuah pohon yang terus tumbuh dan berkembang dari tingkat yang sangat sederhana ke tingkat yang lebih kompleks atau ke tingkat yang lebih maju.

Itulah sebabnya sejarah bisa diumpamakan menyerupai perkembangan sebatang pohon yang terus berkembang dari akar hingga ranting yang paling kecil.

Dalam bahasa Inggris sejarah adalah history yang berarti masa lampau. Dalam bahasa Jerman, kata sejarah adalah geschicht yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Kedua kata tersebut dapat memberikan arti sesungguhnya mengenai sejarah, yaitu sesuatu yang telah terjadi di waktu yang telah berlalu.

Dengan demikian, sejarah tiodak dapat dipisahkan dari kehidupan suatu bangsa atau masyarakat, bahkan akan teruse berkembang sesuai dengan kehidupan manusia dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih maju.

Definisi sejarah menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia

Kamus Umum Bahasa Indonesia tulisan W.J.S Poerwadarminta menyebutkan bahwa sejarah mengandung tiga pengertian sebagai berikut :

  • Sejarah berarti silsilah atau asal-usul.
  • Sejarah berarti kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
  • Sejarah berarti ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut :

  • Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  • Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan kejadian dan peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah suatu ilmu yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

Silahkan baca juga :

Demikian sedikit ulasan mengenai Pengertian sejarah menurut para ahli dari Indonesia, semoga menjadi catatan pengetahuan tentang sejarah.

Karya : I Wayang Badrika, KTSP 2006, Sejarah Untuk SMA Kelas X

tags:

Related For Pengertian sejarah menurut para ahli dari Indonesia