Sejarah Negara

Website History

Menu

Perkembangan Agama Buddha di Asia Tenggara

Oktober 27, 2015 | Kerajaan

Perkembangan Agama Buddha di Asia Tenggara – Secara geografis, wilayah Asia Tenggara daratan terdiri atas negara-negara seprti Myanmar (Burma), Muangthai, Indo-Cina, dan Malaya. Asia Tenggara kepulauan terdiri atas Singapura,, Indonesia, dan Filipina. Daerah-daerah tersebut mendapat pengaruh dari agama dan budaya India.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai negara-negara di Asia Tenggara, silahkan lihat di Kategori : Asean

Agama Buddha di Thailand

Di Thailand, kerajaan yang mengembangkan agama Buddha Therayada (Buddha Hinayana) antara abad ke-13 sampai abad ke-15 ialah kerajaan Sukothai dan Ayuthia. Kedua kerajaan besar tersebut meninggalkan ratusan wat (kuri) atau pagoda yang terletak di Thonburi (Bangkok). Wat (Kuri) yang paling besar adalah Wat Phra Kaew yang di dalamnya terdapat patung Buddha yang terbuat dari Zamrud.

Wat Phra Kaew di Thailand

Wat Phra Kaew (Thailand) di dalamnya berdiri megah patung Buddha yang terbuat dari Zamrud.

Agama Buddha di Myanmar

Di Myanmar, masyarakat mulai memperoleh pengetahuan Buddha semenjak kedatangan biksu Buddha Gosha dari Srilanka pada tahun 403 Masehi. Agama Buddha semakin banyak penganutnya di masa kekaisaran Pagan di bawah pimpinan Raja Anawrahta (1044-1077 M).

Raja Pagan pernah menugaskan para rahib bangsa Mon untuk menjadi orang-orang Pagan yang memeluk agama Buddha Theravada. Pada masa itu ribuan pagoda didirikan. Pagoda terbesar dan paling terkenal adalah Shwe Dagon yang dibangun pada tahun 1059 M.

Agama Buddha di Kamboja dan Vietnam

Di Kamboja, agama Buddha mendapat sambutan yang baik dari seluruh lapisan masyarakat semasa pemerintahan Jayawarman VII (1811-1219). Peninggalan penting pemerintahan Jayawarman VII yaitu Angkor Thom.

Di Vietnam, masyarakat yang tinggal di wilayah Annam dan Tonkin diberitakan oleh I-tsing telah menganut agama Buddha. Diantara tahun 968-1009 Masehi, Dinasti Dinh mendirikan sebuah organisasi keagamaan resmi yang memadukan Taoisme dan Buddhisme.

Raja Ke II berusaha memasukkan naskah-naskah klasik Buddha Mahayana dari negara Cina dan menghimbau rakyatnya untuk masuk agama Buddha.

Agama Buddha di Indonesia

Di Indonesia, agama Buddha sangat berkembang di kerajaan Sriwijaya pada masa raja Balaputeradewa. Pada abad ke-9, Sriwijaya merupakan salah satu pusat penyebaran agama Buddha.

Selengkapna silahkan baca di sejarah : Kerajaan Sriwijaya negara kesatuan pertama

Baca dalam versi Bahasa Inggris di : Development of Buddhism in Shoutheast Asia

Artikel sejarah selanjutnya : Hubungan Indonesia dengan pusat agama Buddha di Asia

Demikian Perkembangan Agama Buddha di Asia Tenggara, semoga menjadi catatan sebagai pecinta Sejarah Negara.

Related For Perkembangan Agama Buddha di Asia Tenggara