Sejarah Negara

Website History

Menu

Perkembangan sarana transportasi

April 19, 2014 | Dunia

Perkembangan sarana transportasi – Bidang transportasi mengalami kemajuan pesat selama revolusi industri. Kemajuan rtersebut terlihat ditemukannya berbagai sarana transportasi di antaranya sebagai berikut :

1. James Watt menemukan mesin uap yang mempergunakan kondensor

Pada mulanya James Watt telah menemukan mesin pompa untuk tambang, kemudian bekerja sama dengan Matthew Boulton yang memberikan biaya untuk penyelidikan lebih lanjut. Mesin uap yang ditemukan sudah menggunakan manometer untuk mengukur tekanan uap dan alat otomatis untuk membuang kelebihan tekanan dan disebut alat pengatur sentrifugal pada tahun 1763.

Disinilah letak keistimewaan alatnya dibandingkan dengan penemuan Newcomen yang masih harus dilayani dengan tenaga manusia untuk membuang kelebihan uap. Orang berpendapat bahwa penemuan mesin uap tersebut merupakan inti Revolusi Industri, sehingga James Watt dianggap sebagai Bapak Revolusi Industri I.

2. Ricard Trevithick menemukan lokomotif yang pertama tahun 1804

Sebuah mesin uap diberinya roda agar dapat dijalankan. Lokomotif tersebut kemudian diberi gerbong-gerbong penumpang. Demonstrasinya diadakan di London.

3. George Stephenson adalah pelopor dan organisator perusahaan kereta api penumpang

Pada mulanya ia menjadi kepala masinis yang berhasil menemukan lampu pengaman bagi pekerja-pekerja tambang, sehingga kebakaran dapat dihindarkan. Karena kasihan melihat pekerja tambang dan kuda yang bekerja berat untuk menyorong atau menarik lori, ia memikirkan sebuah gerbong untuk mengangkut penumpang. Alat yang dipergunakan adalah pengembangan dan penemuan Trevithick  sebagai kereta penumpang jarak jauh.

Perusahaan Stockton dan Darlington memesan lokomotifnya tahun 1825 dan lima tahun kemudian ia membuka jalan kereta api dari Liverpool ke Manchester yang jaraknya 50 kilometer tahun 1830. Lokomotifnya yang diberi nama Rocket mempunyai berat empat ton dan memiliki kecepatan 20 kilometer per jam.

4. Robert Fulton menemukan kapal uap

Pada mulanya Symington menemukan kapal kincir yang sudah menggunakan mesin uap tahun 1802. Robert Fulton telah mempergunakan baling-baling yang dapat menggerakkan kapal. Kapal yang dibuat di Prancis itu diberi nama Clermont dan merupakan kapal uap yang pertama kali mengarungi Lautan Atlantik. Fulton kemudian membuat kapal perang pertama yang telah digerakkan dengan mesin uap pada tahun 1814.

5. Cugnot dan Daumler menemukan mobil

Pada mulanya Nicholas Cugnot berkebangsaan Prancis menemukan mobil yang digerakkan oleh tenaga uap, tetapi tidak praktis karena mesin uapnya terlalu berat bagi mobil tahun 1801.

Ide tersebut dikembangkan oleh Gottieb Daimler berkebangsaan Jerman yang berhasil menemukan mobil ringan, tetapi kuat dan digerakkan dengan mesin bensin tahun 1887. Jadi, penemuan tersebut sudah merupakan hasil Revolusi Industri II.

Seorang Amerika yang berhasil membangun pabrik mobil besar adalah Henry Ford di Detroit tahun 1876. Perusahaan tersebut bernama Ford Motor Company yang pada tahun 1892 sudah berhasil membuat mobil dengan dua silinder berkekuatan empat PK.

Berbagai temuan dalam bidang transportasi telah memperlancar kebutuhan sarana transportasi pada saat itu, sehingga dapat mempermudah akses masyarakat ke berbagai daerah. Dengan begitu dapat mendukung berkembangnya sektor lain di antaranya sektor ekonomi.

Selanjutnya : Perkembangan bidang kimia

Related For Perkembangan sarana transportasi

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori