Sejarah Negara

Website History

Menu

Perlombaan teknologi ruang angkasa

April 17, 2014 | Teknologi

Perlombaan teknologi ruang angkasa – Amerika Serikat dan Uni Soviet selain berlomba dalam senjata nuklir, juga berlomba dalam mencapai ruang angkasa. Kedua belah pihak merasa bahwa negara yang berhasil dalam mencapai ruang angkasa akan menambah prestise yang luar biasa.

Pada tanggal 4 Oktober 1957 Soviet berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa yang pertama yang bernama Sputnik I, dikirim tanpa awak kapal, kemudian dilanjutkan peluncuran Sputnik II dengan membawa seekor anjing.

Perlombaan teknologi ruang angkasa – Amerika Serikat pada tanggal 1958 menyusul dengan meluncurkan Explorer I yang diikuti Explorer II, Discover, dan Vanguard. Kemudian Soviet kembali meluncurkan Lunik dan berhasil di dartkan di bulan. AS kembali menyaingi dengan mendaratkan manusia di bulan pada Juli 1969.

Tanggal 12 April 1961, Soviet berhasil melakukan penerbangan pertama ke ruang angkasa dengan membawa awak manusia. Astronaut tersebut adalah Yuri Gagarin. Dengan mengendarai Vostok I, Gagarin berhasil mengitari bumi selama 1 jam 29 menit. Pada tahun yang sama Amerika kembali mengirim Alan Bartlett Shepard Jr. yang berada diruang angkasa selama 15 menit.

Uni Soviet kembali meluncurkan Vostok II dengan astronautnya Gherman Stepanovich Titov dan berhasil mengitari bumi selama 25 jam. Kemudian peristiwa tersebut ditanggapi oleh Amerika dengan mengirim seorang astronaut yang bernama John H. Glenn dan berhasil mengitari bumi selama 3 hari dengan pesawat Frendship IV.

Amerika berusaha menaklukkan ruang angkasa dengan mengadakan penyelidikan-penyelidikan atas benda ruang angkasa yang jauh letaknya dari bumi, seperti Saturnus, Yupiter dan lain-lain.

Related For Perlombaan teknologi ruang angkasa