Sejarah Negara

Website History

Menu

Perluasan wilayah Islam masa Umar bin Khattab

November 9, 2014 | Islam

Perluasan wilayah Islam masa Umar bin Khattab – Umar bin Khattab bagaikan mutiara dalam Islam. Mengapa demikian? Karena pada saat beliau menjadi khalifah, wilayah Islam menjadi luas sampai ke Persia.

Setelah diangkat menjadi khalifah, Umar bin Khattab meneruskan kebijakan Abu Bakar as Shiddiq untuk memperluas wilayah Islam ke luar semenanjung Arab. Pada masa itu perluasan Islam terjadi secara besar-besaran dan dikenal sebagai periode “Futuhat Al Islamiyah“. Secara berturut-turut pasukan Islam dapat menguasai Suriah, Persia dan Mesir.

Pertempuran pertama antara kaum Muslimin dengan bangsa Persia terjadi di sebuah tempat yang bernama An Namariq. Pasukan Abu Ubaidah bin Jarrah berhasil mengalahkan bangsa Persia dan menawan panglima mereka. Kemudian peperangan  terus berlanjut ke tempat-tempat kekuasaan Persia lainnya.

Penaklukkan Persia berlangsung dari tahun 13-23 H. Waktu yang diperlukan sangat lama, karena wilayah Persia sangat luas dan kekuatannya sangat besar.

Peperangan terbesar dalam penaklukkan Persia terjadi pada tahun 21 H, di mana kaum Muslimin sudah berhasil menguasai sebagian besar wilayah Persia. Kerajaan Persia dapat diduduki oleh kaum Muslimin dengan pertempuran yang sengit.

Kemenangan umat Islam atas Persia ini disebut dengan “Fathul Futuh“, yang artinya kemenangan yang paling besar di antara kemenangan-kemenangan yang lain.

Related For Perluasan wilayah Islam masa Umar bin Khattab