Sejarah Negara

Website History

Menu

Pernyataan hak asasi rakyat Perancis tahun 1789

Januari 29, 2014 | Dunia, Negara

Pernyataan hak asasi rakyat Perancis tahun 1789 – Dengan dipelopori oleh Mountesquieu ditambah dengan pulangnya Jendral Lavajetto dari Amerika Serikat membantu perjuangan rakyat Amerika, timbullah di Perancis suatu gerakan revolusioner yang menuntut agar parlemen mengadakan perubahan-perubahan dalam pemerintahan.

Tuntutan ini berhasil dengan keluarnya undang-undang dasar Perancis yang antara lain memuat : La Declaration des droit de L’homme et du citoyen tahun 1789, atau pernyataan hak-hak dan penduduk yang isinya antara lain :

  1. Manusia dilahirkan bebas dan mempunyai hak-hak yang sama.
  2. Hak-hak itu ialah hak kebebasan, hak milik, keamanan dan sebagainya.

Itulah isi dari La Declaration des droit de L’homme et du citoyen. Dari sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa semua manusia di dunia ingin menggunakan hak asasi yang dimiliki dengan semestinya, tidak dikekang oleh pemerintah atau penguasa suatu negara.

Dengan mati-matian mereka memperjuangkan hak-hak yang semestinya mereka terima. Raja atau presiden hanyalah sebagai lambang dari amanat rakyat bukan penguasa rakyat yang dengan semena-mena memperlakukannya sekehendak hati.

Selanjutnya : Sekelumit tentang hak asasi manusia

Related For Pernyataan hak asasi rakyat Perancis tahun 1789