Sejarah Negara

Website History

Menu

Pertambangan Saudi Arabia

Oktober 31, 2013 | Dunia, Negara

Pertambangan Saudi Arabia – Hasil terbesar pertambangan Saudi Arabia didapat dari minyak bumi yang terletak di Dahahnan, Algaig, Riyadh dan daerah lepas pantai.

Arab Saudi adalah negara pengekspor minyak bumi terbesar di dunia yang jumlahnya mencapai 30% dari minyak bumi dunia. Penyulingan minyak bumi Arab terdapat di Jubail di pantai timur.

Pabrik petrokimia, baja, peleburan alumunium dan desalinasi (mengubah air laut menjadi air tawar) yang setiap harinya menghasilkan 4 juta galon (1 galon = 169 liter), yang terdapat di Jubail.

Di kota Yambo di tepi Laut Merah ada penyulingan minyak mentah, terminal ekspor gas alam cair (LNG), petrokimia pengolahan bijih besi dan pabrik desalinasi.

Perusahaan-perusahaan yang menambang minyak di Arab Saudi yaitu Aramco (Arabian American Oil Company) dengan Getty Oil Company, The Japanese Arabian Oil Company.

Badan pertambangan Arab Saudi bernama Petromin. 80% minyak dari Arab diekspor sebagai minyak mentah dari terminal Ras Tanura. 15% disuling di Ras Tanura dan 15% diolah di Bahrain.

TAP Line (Trans Arabian Pipeline) adalah pipa minyak yang menghubungkan lapangan minyak dengan Saida (pelabuhan Libanon) di tengah Laut Tengah.

Baca selengkapnya Tentang Kerajaan Saudi Arabia

Related For Pertambangan Saudi Arabia