Sejarah Negara

Website History

Menu

Peta Bali lengkap dengan nama kabupaten dan kota

Agustus 31, 2015 | Peta

Peta Bali lengkap dengan nama kabupaten dan kota – Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang terkenal di dunia. Setiap tahunnya ratusan bahkan ribuan wisatawan mancanegara pergi ke sana untuk melihat keindahan yang ada di Pulau Dewata ini. Berbagai tempat wisata khas mulai dari pantai, bangunan pura, dan seni tradisional Bali membuat para wisatawan mancanegara mengaguminya.

Tidak berbeda jauh dengan provinsi lainnya, meskipun Pulau Bali relatif kecil, namun menyimpan banyak sejarah yang patut dicatat bangsa Indonesia. Pada zaman kerajaan, Bali pernah berdiri sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Bali. Meski tak begitu populer seperti kerajaan-kerajaan besar nusantara yang populer seperti Majapahit misalnya, Kerajaan Bali juga meninggalkan berbagai situs sejarah seperti candi.

Selengkapnya mengenai kerajaan di Pulau Dewata ini silahkan baca di artikel sejarah : Tentang sejarah Kerajaan Bali

Dizaman kemerdekaan, rakyat Bali patut diacungi jempol atas semangatnya merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai, rakyat Bali bertempur habis-habisan melawan penjajah. Pertempuran tersebut masih jelas teringat di jiwa rakyat Indonesia, yang terkenal dengan pertempuran Puputan Margarana.

Bagaimana pertempuran tersebut baca selengkapnya di artikel sejarah : Puputan Margarana Bali

Gambar Peta Bali dan batasnya

Seperti telah disinggung di atas, provinsi Bali merupakan sebuah pulau yang relatif kecil. Pulau Bali di sebelah barat berbatasan dengan Selat Bali yang merupakan pertemuan antara Bali dan Jawa Timur. Bagian utara berbatasan dengan Laut Bali, sebelah timur berbatasan dengan Selat Lombok, dan bagian selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Jika anda hanya melihat peta Bali di bawah ini, saya yakin tidak akan jelas untuk melihat nama-nama kota, pantai maupun tempat-tempat wisata yang ada di sana. Untuk itu, agar anda dapat melihatnya secara rinci, silahkan klik gambar peta Bali di bawah ini dan simpan di komputer anda.

Peta Sumatra Utara

Nama Kabupaten dan kota di Bali

Karena wilayahnya yang sempit, maka pembagian wilayah kabupaten dan kota provinsi Bali hanya sedikit saja, yaitu 8 kabupaten dan 2 kota saja. Untuk melengkapi pengetahuan kita mengenai Provinsi Bali, di bawah ini kami lampirkan sejumlah nama kabupaten dan kota beserta ibu kotanya.

Delapan nama kabupaten di Bali

1. Badung, ibukota : Mangupura

2. Bangli,  ibukota : Bangli

3. Buleleng, ibukota : Singaraja

4. Gianyar,  ibukota : Gianyar

5. Jembrana,  ibukota : Negara

6. Karangasem ,  ibukota : Karangasem

7. Klungkung,  ibukota : Semarapura

8.Tabanan,  ibukota : Tabanan

Dua nama kota di Bali

1. Amlapura,  ibukota : I Wayan Wira Dharma

2. Denpasar,  ibukota : DenpasarMungkin anda belum tahu hukum adat yang ada di Pulau Dewata ini? Silahkan baca selengkapnya di artikel : Sekilas tentang hukum adat Tawan Karang di Bali

Untuk mengetahui bagaimana pemerintahan Bali sekarang ini, silahkan kunjungi situs resminya di : www.baliprov.go.id

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Bali lengkap dengan nama kabupaten dan kota. Semoga menjadikan manfaat bagi anda yang sedang mencari Peta Bali beserta nama kabupaten dan kotanya.

Related For Peta Bali lengkap dengan nama kabupaten dan kota