Sejarah Negara

Website History

Menu

Peta Kalimantan Barat lengkap 12 kabupaten dan 6 kota

Januari 13, 2016 | Peta

Peta Kalimantan Barat lengkap 12 kabupaten dan 6 kota – Sesuai dengan namanya, Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Kalimantan bagian barat yang memiliki ibu kota Provinsi bernama Pontianak. Adapun luas wilayah provinsi ini kurang lebih 146.807 km persegi atau sekitar 7,53% dari luas seluruh Indonesia). Kalimantan Barat tercatat sebagai provinsi terluas ke-4 setelah Provinsi Papua, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Julukan bagi provinsi Kalimantan Barat adalah Seribu Sungai. Mengapa dijuluki Seribu Sungai? Karena Kalbar memiliki ratusan sungai besar maupun kecil.

Provinsi Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Malaysia, tepatnya negara bagian Sarawak. Provinsi Kalbar mempunyai puluhan pulau besar maupun kecil, meskipun di beberapa pulau belum ada yang menghuni.

Menurut catatan sensus penduduk Indonesia tahun 2004, jumlah penduduk di Kalimantan Barat sudah mencapai 4.073.304 jiwa atau sekitar 1,85% dari keseluruhan penduduk di Indonesia.

Menurut sejarah kakawin Nagarakretagama tahun 1365, Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah taklukan Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan kuno terbesar di Indonesia yang telah berhasil menyatukan nusantara sebagai satu kesatuan.

Peta Kalimantan Barat

Seperti judul di atas, pada artikel ini Sejarah Negara akan menyertakan gambar peta Provinsi Kalimantan Barat. Berikut gambar peta Kalimantan Barat atau yang sering disingkat Kalbar :

Peta Kalimantan Barat

Dari peta Kalimantan Barat di atas dapat kita lihat aliran sungai yang da, batas kabupaten dan kota, maupun pulau-pulau yang ada di wilayah provinsi ini. Jika anda ingin melihat gambar peta Kalbar dalam resolusi tinggi silahkan klik gambar peta tersebut.

12 kabupaten dan 6 kota di Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan sampai saat ini wilayahnya dibagi menjadi 12 kabupaten dan 6 kota. Adapun nama kabupaten dan kota tersebut adalah seperti di bawah ini :

  1. Kabupaten Bengkayang, Ibu Kota : Bengkayang
  2. Kabupaten Kapuas Hulu, Ibu Kota : Putussibau
  3. Kabupaten Kayong Utara, Ibu Kota : Sukadana
  4. Kabupaten Ketapang, Ibu Kota : Tumbang Titi
  5. Kabupaten Kubu Raya, Ibu Kota : Sungai Raya
  6. Kabupaten Landak, Ibu Kota : Ngabang
  7. Kabupaten Melawi, Ibu Kota : Nanga Pinoh
  8. Kabupaten Mempawah, Ibu Kota : Sungai Kunyit
  9. Kabupaten Sambas, Ibu Kota : Pemangkat
  10. Kabupaten Sanggau, Ibu Kota : Sanggau
  11. Kabupaten Sekadau, Ibu Kota : Sekadau
  12. Kabupaten Sintang, Ibu Kota : Sintang
  13. Kota Ketapang
  14. Kota Mempawah
  15. Kota Pontianak
  16. Kota Sambas
  17. Kota Sintang
  18. Kota Singkawang

Lebih jauh mengenai Kalimantan Barat silahkan kunjungi situs resminya di www.kalbarprov.go.id

Baca juga :

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai peta Provinsi Kalimantan Barat, semoga menjadi catatan sejarah Indonesia.

Related For Peta Kalimantan Barat lengkap 12 kabupaten dan 6 kota